Berita

Dukungan Pembalap Diaspora Indonesia Luis Leeds Raih Juara Internasional

×

Dukungan Pembalap Diaspora Indonesia Luis Leeds Raih Juara Internasional

Sebarkan artikel ini
Luis Leeds, pembalap diaspora Indonesia.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung Luis Leeds, pembalap diaspora Indonesia berusia 22 tahun yang berdomisili di Melbourne Australia. Luis memiliki darah Indonesia dari garis ibunya, Maria Leeds, yang berasal dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

1468
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Bamsoet sapaan akrabnya mengatakan, dalam perjalanan karirnya, Luis setidaknya telah 27 kali podium, diantaranya berhasil juara pertama di series F4 Australia, finish di urutan ke 3 di ajang British Formula 4 bersama tim Red Bull, dan menjuarai Mexico Grand Prix.

“Luis mempunyai motivasi yang sangat kuat untuk bisa bertarung di ajang Formula F2 dan F1. Beberapa tim sudah menawarkan tempat untuk bergabung di academy dan test drive dengan persyaratan sponsorship. Diantaranya McLaren, Red Bull, dan Mercedes. Kita doakan yang terbaik bagi Luis,” ujar Bamsoet di Melbourne, Australia, Rabu (21/12/2022).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, sambil menunggu kesempatan berlaga di F2 dan F1, untuk menjaga stamina dan mengasah skill kemampuan balapnya, Luis kini mengikuti seri balap formula S5000 di Australia.

“Tidak sekadar mewarisi darah Indonesia, Luis juga pernah tinggal dan menempuh pendidikan dasar di Ngawi, Indonesia, yakni dari tahun 2006 hingga 2012. Pada 2012, Luis kemudian pindah ke Australia untuk mengejar karir balapnya,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, pada tahun 2016, Luis menjadi anggota Red Bull Junior Team dan pindah ke Inggris Raya untuk berkompetisi di F4 British Championship dengan TRS Arden Junior Racing Team.

Dia mengakhiri musim ketiga di klasemen pembalap dengan tiga kemenangan. Pada 2017, Luis bergabung dengan Eurocup Formula Renault 2.0 dengan Josef Kaufmann Racing. Dia mencetak dua poin, posisi finis tertingginya adalah tempat ketujuh di Silverstone.

“Saya juga mengundang Luis untuk datang ke Indonesia, bertemu dengan para pembalap dan komunitas pecinta otomotif. Sekaligus mencoba lintasan Sirkuit Internasional Mandalika yang merupakan kebanggaan Indonesia,” tuturnya.