Berita

Dukcapil Sorsel Rancang Inovasi Pelayanan Masyarakat Secara Virtual di Tengah Covid-19

×

Dukcapil Sorsel Rancang Inovasi Pelayanan Masyarakat Secara Virtual di Tengah Covid-19

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sorong Selatan, Drs. George Japsenang, M.Si.

TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) tak henti-hentinya merancangkan inovasi terbaru tanpa henti, khususnya terhadap pelayanan kepada masyarakat terutama yang berkepentingan, sebagai respon terhadap dampak pandemi Covid-19.

1542
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala dinas Dukcapil Sorsel, Drs George Japsenang, M.Si, menyebutkan uji coba terhadap layanan masyarakat Sorong Selatan di tengah pandemi Covid-19 ini, bisa dilakukan lewat Gerai Layanan Virtual.

“Sebagai contoh, akan kami uji coba pada layanan penerbitan KIA (Kartu Identitas Anak) atau KTP ananak, dimana kehadiran pemohon hanya cukup melengkapi berkas pemmohon dan akan kami terbitkan sesuai persyaratannya. Misalnya anak usia 5-16 tahun, cukup melampirkan persyaratan antara lain KTP elektronik ortu, Pas Foto Warna 3 X 4, Akta Kelahiran anak, Kartu Keluarga, Nomor HP serta Alamat email. Maka hasilnya akan selesai pada satu jam kedepan,” ujar Japsenang, Rabu (6/1/2021).

Dikatakannya, jadwal pelayanan Gerai Virtual akan disampaikan secara terbuka kepada warga masyarakat Sorong Selatan.

Selain itu menurut, mantan Kepala Distrik Teminabuan itu, pihaknya akan melakukan pelayanan yang sama terhadap penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan juga penerbitan Kartu Keluarga.

Namun di samping itu, ia pun mengakui pihaknya selama ini juga masih memiliki keterbatasan terkait persiapan perangkat, seperti Peraturan Bupati (Perbup), operator dan perangkat lunak lainnya. Namun pihaknya alat terus bekerja demi kepuasan dan kebahagiaan warga masyarakat.

Menurutnya, pelayanan Virtual ini adalah hal baru yang sementara dirancangkan di tahun 2021 ini. Hal tersebut merupakan sarana penunjang untuk mempermudah komponen unit kerja berkolaborasi sekaligus berkomunikasi secara efektif.