Jubir Satgas C-19 Papua, dr Silwanus Sumule, Sp.OG (K)

 435 total views (dibaca)

Jayapura, TN – Pandemi Covid-19 di Papua semakin meluas, data terbaru menyebutkan seorang bayi berusia 6 bulan positif terinfeksi C-19. Selain itu, beberapa orang tenaga medis juga menambah daftar kasus C-19 di Papua.

Jubir Satgas Papua, dr Silwanus Sumule, Sp.OG (K) menyebut hasil pemeriksaan laboratorium pukul 10.00 WIT, Jumat (10/4) Malam, terdapat tambahan 13 kasus positif.

“Tambahan kasus positif sebanyak 13 kasus baru, ada tenaga medis dan lebih memprihatikan lagi seorang bayi usia 6 bulan,” kata Sumule, kepada wartawan usai rapat pembahasan C-19 Papua, di Swisbell Hotel, Sabtu siang.

Ia mengatakan, sebaran penambahan kasus tersebut secara detail, di Kabupaten Sarmi 2 kasus, Mimika 6 kasus,  Kota Jayapura tambahan 2, Kabupaten Keerom 1 Kasus, kabupaten Merauke  1 kasus, Kabupaten Jayapura ada 2 kasus.

“Jadi dengan tambahan 13 kasus ini, maka total kasus C-19 Papua berjumlah 61 kasus,” Jelas Sumule.

Sumule mengungkapkan tingkat penyebaran Corona di Papua saat ini sudah masuk dalam kategori penyebaran local (local case). Ia mengungkapkan ada tiga pasien orang Asli Papua (OAP) yang telah terkonfirmasi postif.

“Dengan berat hati harus saya sampaika, ada pasien 3 OAP yang dinyatakan positif. Puji Tuhan, hingga saat ini, dalam kondisi semakin membaik. Ada satu memang masih dalam perawatan, dan kami harap satu dua hari ini sudah ada hasil swab, sehingga kami bisa pulangkan jika hasilnya negative dan dinyatakan sembuh,”jelas Sumule.

Sumule kembali mengingatkan masyarakat Papua jangan pernah menganggap C-19 remeh, sebab virus tersebut tak mengenal usia, suku, agama, pangkat atau profesi.

“Siapa saja bisa terinfeksi dan saya harus sampaikan, saat ini penularan C-19 sudah pada tingkat local, dalam arti  yang terinfeksi ini bukan hanya berasal dari kasus import saja, tapi penularan local di Papua,” tegasnya.

Sehingga ia kembali meminta dan berharap kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah, termasuk melaporkan diri kepada petugas medis, baik di Puskesmas, Rumah Sakit, ataupun Call Centre kepada pihak yang merasa pernah melakukan kontak dengan pasien positif.

 “Jadi masyarakat sudah harus aware, hati-hati  dan tetap laksanakan protap-protap yang di sampaikan oleh pemerintah, tetap dirumah, hindari keramaian, hindari kontak dengan orang lain, rajin cuci tangan, jaga kebersihan diri dan lingkungan, Semoga Tuhan Memberkati kita semua, “ katanya.

Berita lain untuk anda

Cegah Covid-19, Raja Ampat Tetapkan Social Distancing Hingga 14 April

 521 total views (dibaca)  521 total views (dibaca) Waisai, TN- Penyebaran virus corona disease (Covid-19) di tanah…

DPP PDIP Diminta Copot HM dari Kursi DPR RI, Ini Alasannya !

 3,633 total views (dibaca)  3,633 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil)…

Jalasenastri Armada III Berpartisipasi Dalam Baksos Dharma Pertiwi Daerah H Koorcab Merauke

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka membantu pemerintah memutus rantai…

DPRD Minta OJK Siapkan Kontak Khusus Pengaduan

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku meminta Otoritas Jasa…

Saman Bugis Pimpin Pemuda Pelajar Kei se-Sorong Raya

 496 total views (dibaca)  496 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, SORONG- Pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Pemuda…

Kabupaten Raja Ampat Masuk Zona Hijau Covid-19, Pengawasan Semakin Berat

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, WAISAI- Masuk dalam kategori zona hijau percepatan penanganan…

Penyu Hijau Hasil Penyelundupan Dilepasliarkan Di Pantai Saupapir Sorong

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan…

Terima Aksi Demonstrasi Mahasiswa, Ini Janji DPRD Kota Ternate

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wakil ketua DPRD kota Ternate, Heni…

Yan Cristian Warinussy Desak Kapolda PB Usut Penembakan Mobil Kapolres Maybrat

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan…

Soal Pemasangan Tiang Listrik di Lelingluan, Legislator Angkat Suara

 489 total views (dibaca)  489 total views (dibaca) Ambon, TN – Legislator di DPRD Provinsi Maluku akhirnya…