Dua Evaluator dari UNESCO Global Geopark Bakal Kunjungi Raja Ampat, Ini Harapan Bupati AFU

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, S.E. foto hiszkia

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat dalam waktu dekat bakal kedatangan Dua Evaluator dari Unesco Global Geopart. Kedatangan Dua tamu dari Sekretariat Unesco Global Geopark tersebut dalam rangka melakukan evaluasi terhadap status Geopart Raja Ampat menjadi Geopark berstandar Internasional.

Sesuai rencana, Dua Evaluator Sekretariat UNESCO Global Geopark akan tiba di kabupaten bahari pada tanggal 12 Oktober 2022 mendatang. Kunjungan dua orang evaluator ini, yaitu Mr. Charalampos Fassoulas dan Mr. Alireza Amrikazemi akan dilakukan selama 5 hari yang dihitung melalui dari keberangkatan dari Jakarta hingga kembali ke negara asal masing-masing di Yunani dan Iran.

Kedatangan Dua Evaluator dari Unesco Global Geopart. disambut baik Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, dengan antusias untuk meningkatkan status Geopark Raja Ampat menjadi Geopark berstandar Internasional.
Hal ini disampaikannya AFU di ruang kerjanya, Kamis (06/10/2022).

Dijelaskannya, Geopark Raja Ampat berada didalam kawasan kabupaten Raja Ampat yang dengan berbagai potensi, kekayaan alam dan keindahan bentang alam yang dimiliki, kini menjadikan pariwisata dan perikanan sebagai dua sektor unggulan dalam pembangunan.

Selain itu dengan berbagai keistimewaan biodiversitas yang ada, kawasan ini juga merupakan kawasan penting bagi konservasi alam dan juga telah diwariskan dengan keistimewaan geologi dan bentang alam yang membuat takjub mata dunia.

“Karena itu, kami sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada kami, untuk bisa menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark,” ujar AFU.

Bupati Raja Ampat dua periode ini berharap Kabupaten yang dipimpinnya ini menjadi kawasan yang dikelola dengan baik untuk mensejahterakan Rakyat di Kabupaten Seribu Pulau ini.

“Kami berharap, dengan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark, Raja Ampat bisa menjadi kawasan yang dikelola dengan lebih baik, dan menjadikan masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya AFU berharap.

Peningkatan status dari Geopark Nasional Raja Ampat menjadi UGG Raja Ampat akan semakin membuat Raja Ampat terkenal di dunia Internasional. Dengan julukan ‘Zamrud Karst Khatulistiwa’ yang menggambarkan keistimewaan kawasan gugusan karst kepulauan satu-satunya yang terhampar tepat pada garis ekuator bumi ini.