Berita

DPRD Maybrat Bahas APBD 2023

×

DPRD Maybrat Bahas APBD 2023

Sebarkan artikel ini
Rapat pembahasan APBD Maybrat tahun 2023. Foto-Onesimus/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – DPRD Kabupaten Maybrat menggelar rapat pembahasan dan penetapan rancangan perda non APBD, serta rancangan perda tentang APBD Kabupaten Maybrat tahun anggaran 2023 di Gedung DPRD Maybrat, Kumurkek, Senin (19/12/2022).

Ketua DPRD Maybrat, Ferdinando Solossa dalam sambutannya mengatakan, rapat dalam agenda paripurna ke-V DPRD Kabupaten Maybrat masa sidang 2022 tersebut difokuskan kepada penghapusan kemiskinan, peningkatan SDM pendidikan dan kesehatan, serta percepatan pembangunan infrastruktur dasar.

Selain itu, lanjut Ferdinando, untuk memulihkan kondisi keamanan di wilayah Aifat Selatan dan Aifat Timur Raya, serta upaya pengembalian warga masyarakat yang eksodus dari wilayah-wilayah tersebut. Ia berharap setiap fraksi memberikan masukan sebelum Raperda APBD Maybrat tahun 2023 ditetapkan menjadi perda.

4907
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maybrat, Bernhard E Rondonuwu mengatakan, Permendagri No. 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat untuk menyusun APBD tahun anggaran 2023.

Lanjut Rondonuwu menerangkan, Permendagri berisi hal-hal yang meliputi sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, prinsip penyusunan APBD, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD, serta hal-hal khusus lainnya.”APBD Maybrat tahun 2023 disusun berdasarkan kebijakan umum APBD, serta prioritan dan plafon anggaran sementara (PPAS) berupa target, kinerja, program dan kegiatan yang tercantum di dalam rencana kerja pemerintah daerah,”jelas Rondonuwu.

Ia menambahkan bahwa APBD Kabupaten Maybrat tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 0,96 persen.