Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Michiel Tasane. Foto-Ist/TN

 440 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku meminta, agar status tambang emas di Gunung Botak, Kabupaten Buru ditingkatkan menjadi tambang rakyat. Pasalnya, jika tidak segera ditingkatkan, maka akan berdampak pada instabilitas keamanan di kabupaten setempat.

“Saya harap ini bisa terwujud dibawah kepemimpinan Djalaludin Salampessy sebagai Penjabat Bupati Buru. Gunung Botak selama ini jadi masalah. Untuk itu, saya mendorong agar status Gunung Botak bisa ditingkatkan menjadi tambang rakyat,” harap Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Michiel Tasane, saat dihubungi dari Ambon, Senin (13/6/2022).

Menurutnya dia, peningkatan status menjadi tambang rakyat sangat penting, agar akses masyarakat tidak lagi dibatasi, dan korban jiwa tidak lagi bertambah, karena adanya penambangan yang dilakukan secara ilegal.

“Banyak korban yang berjatuhan di Gunung Botak, karena penambangannya masih bersifat ilegal. Untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa, maka langkah yang cepat harus diambil Pemkab Buru,” tegas dia.

Tasane mengaku, saat menjalankan agenda reses, banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat. Salah satu yang disuarakan adalah, untuk segera melegalkan penambangan emas di Gunung Botak, dengan cara meningkatkan status menjadi kawasan tambang emas rakyat, karena hingga kini belum ada status resmi.

Lebih lanjut dia menambahkan, jika status Gunung Botak sudah ditingkatkan statusnya menjadi tambang rakyat, maka tentunya bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Buru khususnya, dan Maluku pada umumnya.

Bukan saja status Gunung Botak, Tasane juga menyinggung terkait dengan sejumlah persoalan yang terjadi di kabupaten berjulukan Bumi Bupolo itu.

“Satu satunya, terkait dengan adanya 38 desa di 9 kecamatan, yang dijanjikan menjadi desa definitif. Namun sayangnya, hingga saat ini tak kunjung direalisasikan,” tandas Tasane.

Berita lain untuk anda

Orang Asli Papua Ikuti Pelatihan Disiplin Sebelum Bekerja Di Perusahaan

 489 total views (dibaca)  489 total views (dibaca) Merauke, TN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker…

Begini Modus Dugaan Korupsi Tunjangan Profesi Guru di Kota Sorong

 515 total views (dibaca)  515 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dua oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang…

Ali Bauw Tumbang di TPS 04 Banjar Ausoy, Tempatnya Mencoblos

 442 total views (dibaca)  442 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Kandidat Bupati Teluk Bintuni nomor urut…

Likee Menjadi Platform Alternatif Bagi Musisi Untuk Mempromosikan Karyanya di Kala Pandemi

 62 total views (dibaca) Likee ajak pengguna mengekspresikan perasaannya melalui #MenepiChallenge

Komunitas Mahasiswa Katolik Sorong Gelar Rekoleksi, Begini Harapannya

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Komunitas Mahasiswa Katolik Sorong (KMKS) menggelar…

Mulai Hari Ini, Disdukcapil Ambon Serahkan Uang Duka Saat Pemakaman

 489 total views (dibaca)  489 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Terhitung mulai 1 Maret 2022, Pemerintah…

Keluarga Pasien Minta Pihak RSUD Fakfak Bertanggungjawab atas Persoalan ini

 758 total views (dibaca)  758 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Keluarga Yulius Sanjangga Wouw menuntut pihak…

Antisipasi Jumlah Pengunjung, Walikota Sorong Tinjau Sejumlah Supermarket

 486 total views (dibaca)  486 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka memastikan sekaligus memantau penerapan Protokol…

Terlibat Cinta Segitiga, Pak Haji Di Sentani Dibunuh

 390 total views (dibaca)  390 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Haji Musro, seorang warga di Sentani…

Benih Impor Ilegal Dari 4 Negara Dimusnahkan Karantina Pertanian Sorong

 468 total views (dibaca)  468 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Stasiun Karantina Pertanian kelas I Sorong…