Donor Darah dan Tanam Pohon Sambut Hari Karantina Pertanian

Donor darah di Kantor Karantina Pertanian Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Karantina Pertanian Merauke punya rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Karantina Pertanian ke-145 tahun 2022. Ada donor darah melibatkan para instansi terkait dan penanaman 300 pohon tanaman buah di sekitar rumah ibadah di Merauke.

“Donor darah ini untuk misi kemanusiaan, kita membantu ketersediaan stok darah di Merauke,” ucap Kepala Karantina Pertanian, Cahyono, Selasa (4/10/2022).

Lebih lanjut, kata Cahyono, berkaitan dengan tupoksi Karantina Pertanian, terutama pencegahan penyakit hewan dan tanaman dari luar, pihaknya terus melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk. Menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat menyangkut aturan maupun larangan yang harus dipatuhi.

Kepala Karantina Pertanian Cahyono menyebut, pulau Papua masih bebas penyakit African swine fever yang sering disingkat ASF adalah penyakit hewan yang disebabkan oleh virus, menyerang babi dari semua ras dan semua umur.

Kemudian Rabies yang menyerang hewan anjing atau kera, dan Avian Influenza pada unggas, serta Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah. Untuk itu, butuh kesadaran dan kerjasama masyarakat agar tidak memasukan media pembawa yang rentan membawa virus-virus tersebut ke dalam Papua.