Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru memberikan piagam penghargaan kepada donatur yang telah membantu bahan makanan untuk masyarakat. Bantuan ini dikumpulkan Bupati Sorong di tengah pandemi wabah corona. (Foto:Tantowi/TN)

 2,647 kali dilihat

Aimas, TN – Pemerintah Kabupaten Sorong berhasil mengumpulkan donasi dari masyarakat dan pengusaha yang ada di wilayah ini, sebanyak 55,6 ton beras, 4,7 ton gula dan 2,4 ribu liter minyak goreng.

Bahan makanan yang terkumpul selama 8 hari itu, akan didistribusikan pemeriintah daerah kepada masyarakat kurang mampu, yang terdampak wabah corona.

Selain komoditi pangan yang tersebut di atas, dari pengumpulan donasi yang dilakukan sejak 5 sampai 12 Mei ini, juga terdapat  24 kaleng susu, 104 ram telur ayam, 54 karton mie instan, 48 dos teh celup serta 12,48 liter kecap.

“Ini adalah donasi yang terkumpul pada tahap pertama. Untuk tahap kedua, sudah ada 3,7 ton beras,” kata Chris J Tupamahu S.Kom M.Si, Asisten II Setda Kabupaten Sorong yang menjadi koordinator pengumpulan donasi, Rabu (13/5/2020).

Dalam laporannya di hadapan Bupati dan para donatur, Chris menjelaskan, bahan makanan itu berasal dari 42 donatur, baik yang disampaikan atas nama perusahaan maupun perorangan. Dari kalangan pengusaha, ada tiga kelompok yang menjadi penyumbang, sektor perdagangan, perbankan dan jasa konstruksi.

Dari donasi yang terkumpul, panitia telah menyerahkan kepada Bupati Sorong, yang kemudian diteruskan ke Dinas Sosial Kabupaten Sorong. Kepada para donatur, Bupati memberikan apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan.

“Donasi dari bapak dan ibu ini, akan kami teruskan kepada warga masyarakat di Kabupaten Sorong yang terdampak virus corona.  Akan saya sampaikan ke masyarakat, bahwa posisi saya hanya meneruskan bantuan dari bapak dan ibu, karena bantuan ini bukan dari pemerintah daerah atau dari Bupati,” kata Johny Kamuru, Bupati Sorong dalam sambutannya.

Menurutnya, kebaikan dari para donatur tidak boleh ditutupi, apalagi di klaim sebagai perbuatan baik yang dilakukan Bupati. Keberadaan pemerintah daerah hanya sebagai jembatan atau mediator, untuk menghimpun donasi itu.

“Dari yang sudah saya serahkan ke masyarakat, selalu saya sampaikan, barang ini titipan dari para pengusaha dan masyarakat yang mampu. Bupati hanya meneruskan titipan ini,” tandas Johny Kamuru.

Sementara menurut Sukadi, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sorong, bantuan yang diberikan para kontraktor itu adalah sumbangan sukarela atas undangan yang disampaikan Bupati. Menurutnya, tidak ada imbal balik yang akan diberikan pemerintah daerah terhadap para kontraktor yang menjadi donatur.

“Kami tidak menjanjikan apapun kepada mereka, baik berupa paket proyek atau yang lainnya. Ini murni kerelaan dari mereka yang selama ini telah menjadi mitra kerja pemerintah daerah dalam pembangunan,” pungkas Sukadi. **

Berita lain untuk anda

Pasar Mama Papua Sedang Dibangun di Belakang SMPN 2 Merauke

 3,341 kali dilihat 3,341 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemda Merauke sedang membangun Pasar Mama Papua…

Anak-anak Anggota Polres Merauke Terima Bingkisan Natal

 2,711 kali dilihat 2,711 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum…

Hasil Quick Count: PDIP Sapu Bersih Kemenangan di Tiga Kabupaten

 2,510 kali dilihat 2,510 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PDIP menyapu bersih kemenangan di tiga kabupaten,…

TKIT Nurul Fikri Makassar Gelar Festival Budaya, Kenalkan Baju Adat hingga Papua

 2,838 kali dilihat 2,838 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dalam memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang sangat beragam.…

Dukungan IMI Bagi UI Racing Team yang Ikut Kompetisi European Formula Student Competition 2023

 9,311 kali dilihat 9,311 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang…

2022, Dinas PUPR Merauke Prioritas Bangun Jalan Luar Kota

 2,734 kali dilihat 2,734 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di tahun 2022 nanti, Dinas Pekerjaan Umum…

Petugas Taman dan DLH Merauke Rutin Lakukan Pemeliharaan Bunga di Median Jalan

 2,699 kali dilihat 2,699 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merauke rutin…

RSUD Merauke Belum Temukan Kasus Rujukan Pasien Anak Gagal Ginjal

 2,037 kali dilihat 2,037 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,MERAUKE – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Merauke…

Angka Kesembuhan Covid-19 di Kota Sorong Sudah Lebih dari 50 Persen

 2,615 kali dilihat 2,615 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Angka kesembuhan pasien Covid-19 di kota Sorong…

Sejumlah Program Disiapkan Pemkot Kupang Bantu Pelajar

 2,665 kali dilihat 2,665 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore…