Penandatanganan PKS dilakukan secara hybird oleh Pemkot Ambon, dan Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Kamis (15/9/2022). Foto-Ist/TN

 674 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Guna mengoptimalkan pemungutan pajak pusat dan daerah.

Pendatanganan PKS dilakukan Kamis (15/9/2022) secara hybird, yakni, Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Ambon, Widi Pramono melakukan penandatanganan di Balai Kota, sementara Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mengikuti dari Jakarta.

Selain Pemkot Ambon, ada 85 kepala daerah lain di Indonesia yang juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama serupa dengan DJP dan DJPK.

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu, Suryo Utomo katakan, hari ini ada sekitar 86 pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/jota yang akan berkolaborasi dengan DJP dan DJPK, merupakan jumlah terbanyak dibanding periode sebelumnya.

Pasalnya, baik DJP maupun DJPK dan Pemda memiliki kepentingan yang sama dalam rangka optimalisasi pungutan pajak pusat dan daerah.

“Berapa potensi PAD sebetulnya yang bisa digali. Dengan subjek yang sama oleh daerah dalam hal ini hotel dan restoran sebagai pendapatan dan daerah. Serta pajak penghasilan ke DJP,” kata dia dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, di Ambon, Jumat (16/9/2022)

“Isi PKS ini lebih prinsipnya untuk tukar menukar data, informasi dan peningkatan kapasitas pelaku kegiatan di tingkat pusat dan daerah. Kolaborasi, komunikasi dan koordinasi namanya. Kami terbuka demi kepentingan bangsa dan daerah terutama masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur DJPK Astera Primanto Bhakti menambahkan, pihaknya berkepentingan sebagai jembatan, untuk bersama membantu daerah dalam mengembangkan potensi lokal untuk direalisasi sebagai sumber pendapatan.

“Ini awal bagaimana kita bisa sinergi, satukan langkah antara pusat dan daerah, lewat penerimaan pajak. Nah kalau penerimaan ini kuat maka yakin belanja pun akan kuat. Prinsipnya bagaimana realisasi potensi pungutan pajak daerah harus optimal,” ungkapnya.

Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena usai penandatanganan PKS mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pemkot yang selama ini belum optimal dapat melaksanakan pemungutan pajak yang menjadi kewenangan daerah.

“Karena itu bantuan pemerintah pusat untuk mengoptimalisasi pemungutan pajak ini akan memudahkan kita, yang pertama soal pertukaran data yang dimiliki oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam hal pajak, dan juga pemerintah pusat akan membantu untuk Minimal kita bisa lebih optimal,” kata Wattimena.

Lebih lanjut dia menambahkan, dengan adanya PKS tersebut, maka sejalan salah satu dari 11 program prioritas Pemkot Ambon, yakni peningkatan PAD.

Berita lain untuk anda

Soal “New Normal” Ini Kata Gubernur Papua Barat

 984 total views (dibaca)  984 total views (dibaca) Manokwari,TN– Provinsi Papua Barat siap melaksanakan kebijakan pemerintah pusat…

Roem Ohoirat: Dua Warga MD, Satu Orang Personil Polisi Alami Luka Tembak

 1,024 total views (dibaca)  1,024 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Akibat bentrokan antar warga Kariuw, dan…

299 Guru di kabupaten Diangkat Jadi PPPK, Siap Mengabdi Hingga Ke Pedalaman

 2,093 total views (dibaca)  2,093 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H.,M.Si memimpin pengambilan…

Perlu Adanya Kerjasama Turunkan Prevalensi Stunting di Ambon

 1,063 total views (dibaca)  1,063 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Upaya menurunkan angka prevalensi stunting di…

140 Pasang APD Tiba, RSUD Kendari Siap Rawat PDP COVID-19

 1,131 total views (dibaca)  1,131 total views (dibaca) Kendari, TN – Sebanyak 140 pasang Alat Pelindung Diri…

Soal Pengungsi Kariuw, DPRD Maluku Sesalkan Sikap Pemda

 2,008 total views (dibaca)  2,008 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku menyesalkan sikap Pemerintah…

Alun-Alun Aimas Sementara Ditutup, Humas Kabupaten Sorong Sosialisasi Keliling Terkait Corona

 1,242 total views (dibaca)  1,242 total views (dibaca) Aimas, TN – Pemerintah Kabupaten Sorong bergerak ke semua…

BPBD Kendari Semprot Disinfektan di Pelabuhan Nusantara Untuk Cegah Virus Corona

 1,068 total views (dibaca)  1,068 total views (dibaca) Kendari, TN – Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran wabah Virus…

Turut Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Ekspor, PT. BIA Terima Penghargaan

 1,046 total views (dibaca)  1,046 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – PT. Bio Inti Agrindo (BIA) merupakan…

Tiga Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor di Kota Sorong

 1,037 total views (dibaca)  1,037 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tiga orang di kota Sorong dilaporkan…