Ditjen Cipta Karya akan Lakukan Pemeliharaan PLBN Sota

Pintu Masuk PLBN Sota Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua akan dilakukan pemeliharaan perbaikan kerusakan oleh Ditjen Cipta Karya dalam waktu dekat.

Perbaikan dilakukan mengingat ada bagian-bagian tertentu bangunan yang harus diperbaiki, akibat belum digunakan setelah selesai dikerjakan sejak 2019 lalu. Sehingga sebelum diresmikan bangunan, kondisi PLBN Sota dalam keadaan bagus.

“Ditjen Cipta Karya dala waktu dekat ini akan datang dan melakukan pemeliharaan bangunan. Mudah-mudahan dalam tahun ini, Presiden Jokowi dapat meresmikan PLBN,” terang Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke, Elias Mite, Kamis (17/06) di Merauke.

Ia berharap Presiden Jokowi sendiri yang akan meresmikannya. Namun, kunjungan kepala negara ke Merauke harus mempunyai dua agenda bukan hanya peresmian saja.

Dalam persiapannya, Badan Pengelola Perbatasan bekerja sama dengan petugas Bea & Cukai, Imigrasi dan Karantina yang dikenal dengan sebutan CIQ (Custom, Immigration, Quarantine), sepakat membuka bagian dalam/bagian inti PLBN Sota bagi masyarakat sekitar. Tujuannya untuk membiasakan masyarakat cara keluar masuk dan pemanfaatan PLBN.

“Sehingga pada saat diresmikan mereka tidak bingung. Mereka tahu pintu masuk dan keluar,” ucapnya.