Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari menggelar sosialisasi tentang penyaluran bantuan hibah Pariwisata dari Kementerian Pariwisata RI, Rabu (25/11/2020). Foto-Ist/TN

 729 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Kendari menggelar sosialisasi kepada pengelola hotel dan restoran, terkait dengan penyaluran bantuan hibah Pariwisata dari Kementerian Pariwisata RI sebesar Rp 4,2 miliar, Rabu (25/11/2020). Kegiatan ini dibuka Sekretaris Kota (Sekkot), Kendari H. Nahwa Umar.

Sekkot Kendari, Nahwa Umar menjelaskan, bantuan hibah ini bertujuan untuk membantu pemda merecovery penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta industri hotel dan restoran yang mengalami gangguan finansial akibat pandemi Covid-19.

”Saya minta hari ini, semua dokumen dilengkapi dan diserahkan sesegera mungkin, agar ditransfer ke rekening masing-masing. Kalau masih ada yang belum lengkap TDUP nya, di sini ada PTSP,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Teropongnews.com.

Meskipun tidak diatur penggunaannya, Sekkot meminta, agar dana yang didapat bisa digunakan untuk mendukung penerapan protokol Covid-19-19, agar bisa memutus rantai penyebarannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kendari, Abdul Rifai menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota Kendari sudah menerima dana tersebut dari Kementerian Pariwisata, dan setelah semua persyaratan penerima lengkap akan disalurkan kepada hotel dan restoran.

“Ada sejumlah syarat yang harus mereka penuhi yang paling utama itu rutin membayar pajak, dan retribusi hingga tahun 2019, dan perusahaannya terdaftar dan memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP),” katanya.

Menurut dia, dana hibah ini merupakan upaya pemerintah, untuk membantu industri pariwisata bangkit di tengah pandemi yang melanda saat ini.

Ditempat yang sama, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kota Kendari, Laode Marfin menjelaskan, dari Rp 4,2 miliar kuota Kota Kendari, 70 persen atau Rp 2,9 miliar akan diberikan kepada hotel dan restoran, sementara 30 persen atau sekitar Rp 1,2 akan diberikan kepada Pemkot Kendari.

”Dana 30 persen itu akan digunakan untuk operasional Pemkot Kendari dan APIP,” katanya.

Dia menambahkan, besarnya bantuan terhadap hotel dan restoran, akan diberikan berdasarkan besarnya proporsi realisasi pembayaran pajak.

Berita lain untuk anda

Satgas Covid-19 Bagikan Masker Kepada Warga di Ambon

 706 total views (dibaca)  706 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19…

Kader PKS Bakal Dampingi Siti Azizah, Koalisi Demokrat Gemuk

 659 total views (dibaca)  659 total views (dibaca) Tangsel, TN- PKS dipastikan akan bergabung dengan koalisi yang…

Pengunaan DD Selama Kurun Waktu Enam Tahun di Kaltim Capai Rp 3,9 Triliun

 709 total views (dibaca)  709 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim)…

Wali Kota Makassar Tinjau Pengisian Paket Sembako

 711 total views (dibaca)  711 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Danny…

DPRD Maluku Setuju Jika UN Ditiadakan

 702 total views (dibaca)  702 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku setuju, jika Ujian…

Dua PDP di Merauke Terkonfirmasi Positif Covid-19

 803 total views (dibaca)  803 total views (dibaca) Merauke, TN – Empat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang…

Ingat! 9 Desember, RKD Merauke Launching Kopi Lokal dari Muting

 730 total views (dibaca)  730 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rumah Kopi D-Waroeng (RKD) Merauke, kini…

Tanduk Rusa Tanpa Dokumen Ditahan Karantina Pertanian Merauke

 767 total views (dibaca)  767 total views (dibaca) TEROPONGNWES.COM, MERAUKE – Pejabat Karantina Pertanian Merauke yang bertugas…

Tim DVI Mabes Polri Identifikasi 17 Jenazah Kebakaran Double O Sorong, Ini Cara Kerjanya

 676 total views (dibaca)  676 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tim DVI dari Mabes Polri tiba…

Wasekjen Demokrat Sebut Jangan Biarkan Reog Ponorogo di Klaim Milik Bangsa Lain

 1,158 total views (dibaca)  1,158 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan…