Foto bersama tim pendataan tenaga kerja saat turun di sejumlah tempat-tempat usaha di wilayah kabupaten Raja Ampat. Foto ist.

 334 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Raja Ampat melakukan pendataan terhadap tenaga kerja lokal Orang Asli Papua (OAP) dan non Orang Asli Papua di lokasi perusahaan yang tersebar di wilayah Raja Ampat.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut surat Komisi I DPRD Raja Ampat, tentang tindak lanjut Disnakertrans terkait persoalan tenaga kerja lokal dan perselisihan HI.

Sekretaris dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Raja Ampat, Joseph Latuihamallo, mengatakan untuk menindaklanjuti surat Komisi I DPRD Raja Ampat, pihaknya melalui tim Monev bergerak ke Bagian Waigeo, Batanta dan sekitarnya untuk pendataan Tenaga Kerja Lokal OAP dan Non OAP, termasuk tenaga kerja dari luar Raja Ampat dan tenaga kerja asing.

“Pendataan tenaga kerja lokal atau OAP, non OAP dan tenaga kerja asing maupun tenaga kerja dari luar Raja Ampat itu adalah tindaklanjut dari surat Komisi I DPRD Raja Ampat. Kami mulai sasar dari wilayah Waigeo, Batanta dan sekitarnya,” ujar Jo Latuihamallo, Jumat (17/6/2022).

Dikatakannya, ada 11 perusahaan yang didatangi untuk didata setiap tenaga kerja yang bekerja diantaranya, PT Gag Nikel, PT. Cendana Indopearl, PT. Raja Ampat Divers, PT. NTT kuri, Papua Explorer Resorth, Raja Ampat Dive Resorth Kode, Agusta Resort, Wai Eco Resorth, PT. Arta Samudra, PT. Papua Diving (Kri Eco Resorth & Sorido), Seahorse Paradise/ Papua Paradise Eco Resorth.

“Hari ini sampai empat hari kedepan tim Monev akan melakukan pendataan secara detail tenaga kerja lokal berdasarkan asal tempat tinggal (verifikasi KTP) berdasarkan suku dan sekaligus monitoring surat Izin tenaga kerja asing (TKA),” tandasnya.

Dikatakannya, dari hasil monev tersebut, pihaknya akan mengolah datanya sehingga publik bisa mengetahui berapa serapan tenaga kerja di lokasi-lokasi tersebut, terutama tenaga kerja OAP dan memastikan jumlah tenaga kerja asing yang bekerja memiliki Izin yang resmi dan masih berlaku sesuai ketentuan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku.

“Tim Monev juga mengecek Fasilitas Karyawan yang disediakan oleh Perusahaan baik itu Barak Tinggal Karyawan, Fasilitas Makan, Fasilitas Ibadah, Fasilitas Kesehatan,” terangnya.

Menurut Latuihamallo, kunjungan tersebut merupakan bidang tupoksi dari Penta maka pihaknya lebih fokus ke serapan tenaga kerja.

Namun secara kedinasan menurut Joseph, pihaknya tegaskan kepada manajemen perusahaan yang dikunjungi agar benar benar memperhatikan hak-hak karyawan sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu juga mendaftarkan karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Terkait perselisihan hubungan Industrial kata Yoseph, tidak mendapatkan laporan saat kunjungan, namun pihaknya menghimbau pada pihak perusahaan agar jika ada perselisihan maka segera dilakukan penyelesaian secara Bipartit atau upaya hukum non litigasi.

Berita lain untuk anda

Seorang Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan SBB

 432 total views (dibaca)  432 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ely Wattimury (71), seorang nelayan asal…

Satu Lagi Bukti Pembangunan Era Piet-Matret Diresmikan

 514 total views (dibaca)  514 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Satu lagi bukti pembangunan yang dilakukan…

Gubernur Ingatkan Warga Kaltim Waspada Ancaman La Nina

 458 total views (dibaca)  458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BALIKPAPAN – Menjelang akhir tahun, identik memasuki musim…

300 Liter Cairan Disinfektan Digunakan Untuk Semprot Gedung DPRD Maluku

 487 total views (dibaca)  487 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 300 liter cairan disinfektan digunakan…

Cagar Budaya Merauke Dipromosikan Jadi Destinasi PON

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Cagar budaya di Kabupaten Merauke dipromosikan…

KPU Mamuju: Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Mengacu Pada PKPU

 413 total views (dibaca)  413 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAMUJU – Komisioner KPU Kabupaten Mamuju, Hasdaris mengatakan,…

Gerak Satgas Corona Kota Sorong Dinilai Lamban, Komisi I Keluarkan 8 Rekomendasi

 433 total views (dibaca)  433 total views (dibaca) Sorong, TN – Pergerakan Satgas Penanggulangan Corona Virus Disease…

PDIP Bersikap Soal Aksi Unjuk Rasa di Kediaman Gubernur Maluku

 410 total views (dibaca)  410 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia…

Rangka Bangunan Rumah di Kampung Okor Mulai Nampak

 475 total views (dibaca)  475 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE- Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Czi Muh Rois…

Robert Manibuy: Tanggal 9 Desember Ayo Pilih Piet-Matret

 456 total views (dibaca)  456 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Anggota DPRD Provinsi Papua Barat, Robert…