445 total views (dibaca)

Kaimana, TN – Guna memberikan pemahaman bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar kawasan hutan, melalui mekanisme pemberdayaan dan tetap berpedoman pada aspek kelestarian hutan, tetapi juga bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, maka Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi perhutanan sosial, yang digelar di Hotel Grand Papua Kaimana, Selasa (17/3).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik F Runaweri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Perhutanan Sosial, Yunus Krey mengatakan, sosialisasi perhutanan sosial tahun 2020, merupakan agenda kerja Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, sebagai upaya untuk menindaklanjuti program dari Pemerintah pusat.

Dimana, menurut dia, melalui perhutanan sosial nantinya, masyarakat akan difasilitasi, mulai dari 5 mekanisme yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kehutanan, yakni hutan adat, hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, serta kemitraan kehutanan dan adat.

“Hutan ini manfaatnya banyak, hanya saja dalam mengelolaan hutan perlu disampaikan lebih tegas lagi kepada masyarakat, karena selama ini masyarakat hanya tahu ada ijin tebang, lalu hasilnya dijual. Namun jika dilihat dari sisi pemanfaatan berbagai fungsi kawasan yang ada, maka dapat menjerumuskan pemilik hak ulayat ke rana hukum. Contohnya, jika menebang di hutan konsercasi itu jelas salah, sehingga melalui kegiatan perhutanan sosial ini masyarakat dapat diarahkan,” jelas Hendrik.

Dikatakan, sosialisasi perhutanan sosial perlu melibatkan masyarakat, karena dalam Peraturan Presiden melegalkan masyarakat dalam mengelolah kawasan hutannya sendiri, tetapi harus secara tertanggung jawab.

“Jadi, dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomor 83 yang termasuk dalam perhutan sosial, menunjukkan bahwa ada keberpihakan pemerintah kepada masyarakat. Jadi, kalau semua proses dan mekanisme hingga penertiban ijin dari Kementerian Kehutanan sudah dilengkapi, disitu masyarakat bisa mengelolah hutan dan melestarikannya. Jangan ada pihak lain yang memanfaatkan ijin tersebut, dan menebang pohon sampai habis,” harap Hendrik.

Kegiatan sosialisasi perhutanan sosial ini, direncanakan berlangsung selama 2 hari, dan dihadiri oleh para kepala kampung yang ada di wilayah Kabupaten Kaimana.

Berita lain untuk anda

Unjuk Rasa di Merauke Ricuh, Massa Lempari Kantor KPU

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Unjuk rasa sejumlah elemen terjadi di…

Samloy: Kebijakan Perpanjang Karantina Oleh Pemkab MBD Wajar

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) Ambon, TN – Kebijakan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya…

Kadinkes Tak Membantah Jika Kota Ambon Kembali ke Zona Merah

 427 total views (dibaca)  427 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon lewat rilis yang disampaikan…

Hasil CPNS 2018 Segera Diumumkan, Kasihiw Minta Ada Batasan Waktu

 425 total views (dibaca)  425 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI- Pengumuman hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS)…

Kabar Gembira, 12 Pasien Covid-19 di Kabupaten Raja Ampat Dinyatakan Sembuh

 516 total views (dibaca)  516 total views (dibaca) Waisai, TN- Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19…

Faujia H Tampubolon Umlati Dilantik Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Raja Ampat

 421 total views (dibaca)  421 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Pengambilan sumpah dan janji bupati dan wakil…

April 2020, Tunggakan Rekening Listrik Menurun

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) Merauke, TN – Tagihan rekening listrik yang tidak terbayar…

Turun dari Pesawat, Bupati Merauke Langsung di Rapid Antigen

 441 total views (dibaca)  441 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai upaya agar Kabupaten Merauke bebas…

Gubernur Ajak Masyarakat Papua Barat Sukseskan Pilkada Serentak 2020

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Untuk menciptakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak…

Tanaman Hias di Median Jalan Brawijaya Merauke Kembali Ditebas

 451 total views (dibaca)  451 total views (dibaca) Merauke, TN – Sudah berulang kali, tanaman hias berupa…