Diserang KKB di Papua Pegunungan, Tiga Brimob Jadi Korban, Bripda Gilang Gugur

Para personil Brimob sedang mengevakuasi rekan mereka yang tertembak akibat serangan KKB di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, YAHUKIMO – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali beraksi. Kali ini melakukan aksi penyerangan terhadap para personil BKO Brimob di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (30/11/2022).

Akibat kejadian tersebut, sebanyak tiga personil Brimob menjadi korban, salah satu diantaranya meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua, Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, awal penyerangan itu terjadi saat para personil Satgas Preventif Ops Damai Cartenz 2022 usai mengikuti apel di Mapolres Yahukimo, dan selanjutnya bergerak kembali menuju Pos KP3 Laut Logpon.

“Saat di dalam perjalanan atau tepatnya di jembatan kilometer 7 Distrik Dekai, mobil yang ditumpangi para personil tiba-tiba dihadang dan ditembaki oleh KKB Yahukimo,”ungkap Kombes Kamal dalam keterangannya yang diterima teropongnews.com.

Tampak anggota Brimob yang terluka akibat serangan KKB sedang mendapat penanganan medis di RSUD Dekai Kabupaten Yahukimo. Foto-Ist/TN

Aparat gabungan TNI-Polri yang mendapat informasi penyerangan, sambung dia, kemudian bergerak ke lokasi kejadian guna melakukan pengamanan. Namun kedatangan personil gabungan disambut serangan susulan hingga terjadi kontak tembak. Aparat kemudian melakukan pengejaran terhadap KKB yang kabur, serta mengevakuasi ketiga korban.

Dari peristiwa tersebut, tambah Kombes Kamal, Bripda Gilang Aji Prasetya meninggal dunia akibat luka tembak yang bersarang di bagian wajahnya. Sedangkan Briptu Fazuarsyah terkena tembakan di bagian punggung sebelah kiri, sementara Bripda Dona Bagaskara terkena rekoset peluru di bagian punggung, keduanya telah mendapat penanganan medis di RSUD Dekai Kabupaten Yahukimo.