Disdukcapil Maybrat Jemput Bola Lakukan Perekaman KTP-EL di 24 Distrik

Disdukcapil Maybrat jemput bola lakukan perekaman KTP-EL. Foto-OnesimusSemunya/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Kepala Dinas Kependidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maybrat, Okto Dommi Tarik Allo S.Hut mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-EL) kepada masyarakat di 24 distrik dengan cara jemput bola.

Saat ini, aku Okto, pihaknya sedang melakukan pengembangan pemutahiran data kependudukan terhadap cakupan wajib KTP-EL di Kabupaten Maybrat pada semester 1 tahun 2022. Yaitu, sebut Okto, sebanyak 33.851 orang, dengan rincian 14.968 orang atau 44,22 persen telah melakukan perekaman dan sebanyak 18.883 orang atau 55,78 persen belum melakukan perekaman.

“Kami akan melakukan aksi jemput bola untuk verifikasi dan validasi data faktual di lapangan, supaya kebenaran dan keabsahan datanya dapat dipertanggungjawabkan,”ujar Okto ditemui di Maybrat, Kamis (24/11/2022).

Sesuai jadwal, pihaknya akan melaksanakan verifikasi dan validasi secara menyeluruh di 24 distrik, diawali di Distrik Aitinyo Barat, Distrik Aitinyo Utara dan Distrik Aitinyo Raya. Selanjutnya perekaman di wilayah Aifat Timur dan Aifat dipusatkan di Kampung Susumuk dan Kumurkek, sedangkan perekaman di Aifat Utara akan dilaksanakan di Ayawasi.

“Kami juga akan turun langsung ke wilayah Yumases, Mare, Mare Selatan, Ayamaru Utara, dan Ayamaru Utara Timur. Sedangkan Ayamaru Raya dilakukan di Kantor Disdukcapil Maybrat. Kami harapkan setiap kantor distrik menyiapkan masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-EL, serta mempersiapkan lokasi tempat pelayanan yang memiliki jaringan internet dan listrik,”pungkas Okto.