Berita

Disdukcapil Kota Sorong Launching Identitas Kependudukan Digital

×

Disdukcapil Kota Sorong Launching Identitas Kependudukan Digital

Sebarkan artikel ini
Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M,.M,. saat melaunching identitas digital usai upacara HUT RI Ke-77. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota Sorong resmi meluncurkan penggunaan KTP digital, Rabu (17/8/2022).

1062
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Peluncuran KTP digital itu dilakukan oleh Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M,. usai pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI di stadion sepak bola kota Sorong.

Untuk diketahui, Identitas digital merupakan transformasi KTP-el fisik menjadi identitas digital pada telepon selular. KTP Digital atau identitas digital itu nantinya akan memiliki QR Code yang bisa dipindai dari ponsel masing-masing.

KTP digital itu juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah atau lembaga nonpemerintah yang membutuhkan data kependudukan.

Banyak manfaat dari akses data identitas digital, diantaranya penanganan dan pengendalian Covid-19 berbasiskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), verifikasi dan validasi data penduduk yang menerima bansos, verifikasi dan validasi penerima bantuan UMKM, serta sektor lainnya sehingga lebih akurat dan tepat sasaran.

Selain itu, e-KTP digital juga bertujuan untuk mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistem otentikasi untuk mencegah pemalsuan data.

Di mana, dengan sistem autentifikasi dan keamanan yang canggih, identitas digital sulit untuk dipalsukan, dicuri ataupun hilang, jika dibandingkan dengan identitas maupun dokumen kependudukan dan pencatatan sipil manual.