Disdikbud Kalsel Siapkan Ratusan Guru, Ini Tujuannya

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Fahrudinoor. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bersama Balai Guru Penggerak Provinsi Kalsel telah menyiapkan guru di lingkup Pemprov Kalsel, untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kalsel, Fahrudinoor mengungkapkan, sampai saat ini sudah 7 angkatan yang melaksanakan pelatihan PGP.

“Total yang lulus sebanyak 234 guru, itu menyebar di seluruh kabupaten/kota se-Kalsel,” ucapnya kepada wartawan, di Banjarbaru, Kamis (19/1/2023).

Ia menjelaskan, program guru penggerak merupakan program dari Kemendikbud Ristek, yang merupakan salah satu dari kebijakan kurikulum merdeka belajar.

Oleh karena itu, melalui program inilah Kemendikbud ristek mengajak para guru-guru terbaik bangsa, untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia, dengan mendaftar menjadi guru penggerak.

Fahrudinoor menambahkan, di tahun 2023 ada satu angkatan yang masih melakukan pelatihan, dan dua angkatan sedang menjalani seleksi pendaftaran.

“Untuk proses pelatihan sendiri sudah tertera di dalam peraturan kementerian selama enam bulan,” tuturnya.

Walaupun, saat ini para calon guru penggerak angkatan 8 hingga 10 masih melaksanakan pelatihan dan pendaftaran, akan tetapi pihaknya bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak Provinsi Kalsel tetap gencar melakukan sosialisasi ke sekolah.

“Kami sebagai fasilitator terus berkoordinasi dengan Balai Guru Penggerak, untuk memberikan edukasi kepada para guru supaya mereka mengikuti program ini. Karena kita ketahui bersama, program ini sangatlah berguna dalam meningkatkan kompetensi anak bangsa dalan memajukan Indonesia,” tandas dia.