Parlementaria Raja Ampat

Direksi BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Digitalisasi di Faskes Kepulauan Raja Ampat Lancar

×

Direksi BPJS Kesehatan Pastikan Pelayanan Digitalisasi di Faskes Kepulauan Raja Ampat Lancar

Sebarkan artikel ini
Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, dr. Lily Kresnowati, M.Kes. saat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kepulauan Raja Ampat yaitu Puskesmas Waisai,(Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,RAJA AMPAT – Guna memastikan optimalnya pelayanan kesehatan yang berbasis digital untuk pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Direksi BPJS Kesehatan mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kepulauan Raja Ampat yaitu Puskesmas Waisai, Kamis (24/2/2022).

1466
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, dr. Lily Kresnowati, M.Kes., didampingi oleh para anggota direksi BPJS Kesehatan pusat, kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Raja Ampat.

“Sudah sangat baik FKTP di Kepulauan Raja Ampat ini bisa mengimplementasikan layanan digitalisasi terkhusus antrean online melalui aplikasi Mobile JKN. Proses pelayanan kesehatan pun akan jadi lebih praktis dan mudah diakses oleh peserta JKN-KIS,” ujar Liliy pada saat kunjungan tersebut.

Lily menambahkan, saat ini FKTP diharapkan dapat terus mengedukasi peserta JKN-KIS terkait digitalisasi layanan seperti antrean online yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN sehingga pemanfaatannya dapat lebih optimal.

“Puskesmas merupakan salah satu garda terdepan untuk pelayanan kesehatan JKN, dengan berbagai kemudahan layanan terutama yang berbasis digitalisasi dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS di FKTP seperti diterapkannya sistem antrean online ini agar peserta mendapatkan kepastian waktu tunggu untuk berobat ke FKTP,” tambahnya.

Lily mengapresiasi atas komitmen pihak Puskesmas Waisai dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi peserta JKN-KIS yang telah sigap berkolaborasi dengan BPJS kesehatan dalam menjalankan antrean online guna mempermudah peserta dalam proses mendaftar pelayanan.

Apalagi dengan inovasi terbaru yang mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan sistem di FKTP, peserta sudah bisa mendapatkan pelayanan cukup dengan menyebutkan NIK atau menunjukkan e-KTP.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Waisay drg. Putu Rany Saonekawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Kantor Pusat yang telah berkunjung ke Puskesmas Waisai.

“Kunjungan ini bisa menjadi tolak ukur dan fokus pemerintah daerah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan puskesmas di wilayahnya. Baik dalam aturan-aturan daerah, maupun peningkatan sarana prasarana di puskesmas,” tutur drg. Putu dalam menyambutnya tim BPJS Kesehatan.

drg. Putu menambahkan, dengan adanya antrian online sangat membantu petugas di loket maupun peserta JKN-KIS yang berkunjung.

drg. Putu berharap kedepannya dari antrean online loket dapat terkoneksi juga dengan antrian dimasing-masing poli dan juga dengan simpus, sehingga sistem pelaporan kami lebih baik dan tepat waktu.