Dipicu Keributan, Sekelompok Warga Bakar Pasar di Deiyai Papua Tengah

Terlibat seorang aparat Kepolisian sedang berada di lokasi pembakaran Pasar Waghete yang berlokasi di Jalan Waghete 1, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, DEIYAI – Sekelompok warga melakukan aksi pembakaran Kompleks Pasar Waghete yang berlokasi di Jalan Waghete 1, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah, Senin (12/12/2022) sekitar pukul 11.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan bahwa kejadian tersebut bermula saat seorang warga membeli pakaian di Pasar Waghete. Warga itu kemudian mencoba memakai pakaian yang akan dibeli, namun badannya terasa gatal sehingga terjadi keributan antara pembeli itu dan penjual.

“Dari keributan itu datang sekelompok warga dan melakukan pembakaran kios baju tersebut yang merembet ke kios-kios lainnya. Kios tersebut terbuat dari kayu papan yang mudah terbakar,”ungkap Kombes Kamal dalam keterangannya yang diterima teropongnews.com.

Pembakaran Kompleks Pasar Waghete yang berlokasi di Jalan Waghete 1, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua Tengah.

Akibat insiden pembakaran itu, lanjut kabid, kurang lebih sekitar 50 kios dan 9 unit motor hangus terbakar serta terdapat 4 korban luka, 1 di antaranya merupakan anggota TNI. Untuk kepastian kerugian materil, masih dilakukan pendataan oleh petugas.

“Saat ini aparat keamanan sudah mengantisipasi adanya aksi susulan serta melakukan penyelidikan guna mengungkap para pelaku pembakaran. Kita imbau semua agar kasus ini diserahkan ke pihak Kepolisian dan tidak ada lagi kekerasan terhadap orang dan barang,”ujar Kombes Kamal sembari meminta masyarakat tidak terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin membuat situasi Kamtibmas di Kabupaten Deiyai menjadi tidak kondusif.