Berita

Dinsos Kalsel Dirikan Dua Posko Utama Pelayanan Dapur Umum

×

Dinsos Kalsel Dirikan Dua Posko Utama Pelayanan Dapur Umum

Sebarkan artikel ini
Dapur umum milik Dinsos Provinsi Kalsel di kantor Kecamatan Martapura Timur. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJAR – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat mendirikan dua posko utama pelayanan dapur umum lapangan, bagi jemaah dan posko koordinasi relawan di halaman Kantor Kecamatan Martapura Timur.

Hal ini sesuai dengan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Kalsel, turut serta menyukseskan pelaksanaan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul,

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Provinsi Kalsel, Achmadi mengatakan, pendirian posko sudah dilaksanakan sejak Minggu (22/1/2023) lalu, untuk menyiapkan makanan bagi relawan yang bekerja mendirikan posko mereka masing-masing.

“Yang terdata ditempat kita hingga saat ini sebanyak 59 posko relawan, masing-masing dengan total 5.164 orang yang akan bertugas pada pelaksanaan puncak Haul,” kata Achmadi kepada wartawan, di Banjar, Rabu (25/1/2023).

Dapur umum sendiri, kata Achmadi, terdapat 69 lingkup di Martapura Barat, Timur dan Kota. Selebihnya juga terdapat rest area di masing-masing kabupaten, yang sudah melapor yaitu Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin dan Batola.

4957
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Teknis pembagian pada hari H yaitu sebelum Sholat Magrib, dimana ketika jamaah berbondong-bondong ke titik acara, dan sesudah pelaksanaan haul kita juga siapkan makanan. Sebanyak 5.000-10.000 makanan kita siapkan dari posko utama,” ucap Achmadi.

Untuk menunya sendiri, lanjut dia, pihaknya akan menyiapkan daging sapi bumbu merah, telur, ayam serta beberapa cemilan seperti pisang goreng, singkong goreng dan juga jagung rebus.

“Kita telah menyembelih dua ekor sapi sumbangan dari Disdikbud Kalsel. Menu tersebut hanya untuk posko utama, dan untuk posko lain, berbagai menu juga disiapkan. Bahkan juga turut dibantu dari SKPD Pemprov Kalsel, yaitu ikan segar dari Dislautkan Kalsel masing-masing sebanyak 20 kilo per posko,” tandas Achmadi.