Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

 859 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) ke seluruh apotek dan toko obat dibawah pengawasan Dinkes, untuk tidak lagi menjual obat sirup.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menginstruksikan seluruh apotek di Indonesia, untuk menyetop sementara penjualan semua obat bebas dalam bentuk sirup kepada masyarakat.

Obat yang dilarang untuk dijual termasuk semua jenis obat dalam bentuk sirup atau cair, termasuk obat cair untuk dewasa, dan tidak terbatas pada obat paracetamol sirup saja.

Instruksi tersebut dikeluarkan sebagai upaya kewaspadaan atas kasus gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) yang banyak menyerang anak-anak di Indonesia.

“Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi poin 8 dari Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.

“Jadi seluruh apotek dan toko obat tidak menjual obat bebas, dan atau obat bebas terbatas, dalam benuk sirup kepada masyarakat sampai di lakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Jumat (21/10/2022).

“Untuk sementara seluruh obat sirup, jadi bukan hanya Paracetamol atau obat batuk, tapi seluruh obat sirup itu tidak bisa diperjualbelikan,” tambahnya.

Menurutnya, di dalam obat sirup, diduga ada cemaran, EG (Etligikol) dan Dietilen Gikol (DEG). Selain itu berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan BPOM, sirup obat yang mengandung cemaran EG dan DEG kemungkinan berasal dari empat bahan tambahan yaitu propilen glikol, politilen glikol, sorbito dan Gliserin.

“Yang terkandung didalam obat sirup itu biasa ada pemanisnya, yang disenangi oleh anak -anak,” ujarnya.

Menurutnya, bahan-bahan dalam obat-obatan sirup dicurigai mempengaruhi ginjal, sehingga menyebabkan kasus gagal ginjal akut.

“Menunggu pengujian lebih lanjut Pemerintah sudah antisipasi, bahwa untuk sementara tidak digunakan dulu sehingga anak-anak kita aman,” ujar Pelupessy.

Selain seluruh apotek dan toko obat, lanjut Pelupessy, tenaga kesehatan baik di seluruh fasilitas kesehatan itu juga diminta, untuk tidak meresepkan lagi obat dalam bentuk sirup.

“Yang diresepkan hanya obat dalam bentuk tablet, puyer atau kapsul yang memang selama ini digunakan,” kata Pelupessy.

Terhadap edaran ini, dia mengatakan, apabila ada apotek yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi tegas.

“Nanti kita akan kerjasama dengan BPOM, yang memiliki tugas pengawasan. Intinya, nanti bersama-sama dengan BPOM,” tandas Pelupessy.

Berita lain untuk anda

Soal SE Wali Kota Sorong, Ketua Sinode GKI : Khusus GKI, Pelaksanaan Ibadah Masih Seperti Biasa Di Rumah

 1,448 total views (dibaca)  1,448 total views (dibaca) Sorong, TN- Surat Edaran (SE) Wali Kota Sorong tentang…

Gawat! Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Ambon Capai 725 Orang

 1,424 total views (dibaca)  1,424 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota…

Dokter Ungkap Virus Corona Menular Lewat Percikan Air Liur

 1,397 total views (dibaca)  1,397 total views (dibaca) Sorong,TN – Tim Dokter Satgas penanggulangan Covid-19 kota Sorong,…

Satu Dekade Partai NasDem Kawal Pembangunan, Ini Harapan Rakyat

 1,462 total views (dibaca)  1,462 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Sistim perpolitikan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini…

Tebar Benih Ikan, Puan Sebut Waduk Jatiluhur Seperti Lokasi Drakor Crash Landing On You

 2,088 total views (dibaca)  2,088 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JABAR– Ketua DPR RI Puan Maharani bersama warga…

Johnny G. Plate; Keamanan Data Pengguna Aplikasi ‘Peduli Lindungi’ Dijamin Pemerintah

 1,452 total views (dibaca)  1,452 total views (dibaca) Jakarta,TN – Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny…

Banjir Landa Sejumlah Wilayah di Ternate, Wali Kota Minta Masyarakat Waspada

 1,458 total views (dibaca)  1,458 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman…

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

 6,290 total views (dibaca)  6,290 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan…

PT Pertamina Harap Kualitas dan Kuantitas UMKM Meningkat

 1,540 total views (dibaca)  1,540 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – General Manager PT Pertamina Marketing Operation…

Positif C-19 Melonjak, Papua Darurat Bencana

 1,552 total views (dibaca)  1,552 total views (dibaca) Jayapura, TN- Jumlah kumulatif kasus positif C-19 di Papua…