Surat mosi tidak percaya pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), terhadap Ketua DPRD setempat, Jaflaun Batlayeri. Foto-Ist/TN

 3,133 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jaflaun Batlayeri “dihadiahi” mosi tidak percaya dari pimpinan dan anggota DPRD setempat, lantaran dinilai otoriter, dan mengabaikan asas demokrasi yang bersifat kolektif kolegial, dengan tidak memberikan kewenangan kepada para wakil ketua.

Mosi tidak percaya ini disampaikan saat rapat paripurna internal DPRD KKT tanggal 11 Mei 2021, yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD setempat, Ricky Jauwerissa, yang dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD.

“Maka paripurna DPRD tersebut memutuskan beberapa hal penting. Salah satunya menyatakan secara tegas mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD KKT, Jaflaun Batlayeri,” demikian isi mosi tidak percaya yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Selasa (18/5/2021).

Mosi tidak percaya itu ditandatangani oleh sekitar 15 orang, yang terdiri dari pimpinan dan anggota DPRD KKT, dan diketahui oleh Wakil Ketua DPRD setempat, Ricky Jauwerissa.

Mereka juga menilai, Jaflaun Batlayeri telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan, dan melanggar peraturan perundang-undangan, sehingga menyebabkan beberapa kali fraksi-fraksi walk out dari rapat paripurna, yang digelar bersama Pemerintah Daerah KKT dan forkopimda, sehingga rapat paripurna ditutup.

Para anggota yang tidak hadir pada saat Jaflaun Batlayeri memimpin sidang, diusir keluar dari rapat paripurna oleh anggota DPRD, dan dilempari menggunakan mic.

Jaflaun Batlayeri juga dianggap tidak mampu memperjuangkan kepentingan rakyat, yang disampaikan oleh anggota DPRD, yang merupakan wakil rakyat, dengan tidak mengawal pokir-pokir anggota DPRD, yang merupakan amanat dari Undang-Undang. Parahnya, yang bersangkutan meminta masing-masing anggota DPRD, untuk mengawal sendiri pokir-pokir tersebut pada OPD-OPD hingga Bupati selaku kepala daerah.

Untuk itu, pimpinan dan anggota DPRD KKT menyatakan sikap, untuk tidak akan membahas agenda-agenda strategis daerah, jika dipimpin oleh Jaflaun Batlayeri.

Ketua DPRD KKT juga dianggap bertindak sendiri mengambil keputusan dengan mengatasnamakan lembaga DPRD. Yang bersangkutan juga merasa dirinya seperti kepala di lembaga DPRD KKT, sehingga semena-mena mengintervensi tugas Sekretaris DPRD dalam mengatur seluruh operasional kepegawaian, dan administratif di lembaga DPRD.

Ketua DPRD KKT secara sepihak mengeluarkan surat pergantian Sekwan, tanpa berkoordinasi dengan pimpinan lainnya. Dan masih banyak lagi tindakan-tindakan yang dilakukan Jaflaun Batlayeri yang bertentangan dengan Peraturan Pemerintah, dan tata tertib DPRD.

Berita lain untuk anda

Ratusan Rumah Rusak Pasca Angin Kencang Landa Sidrap

 2,607 kali dilihat 2,607 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Penanggulangan…

Ali Bauw Tumbang di TPS 04 Banjar Ausoy, Tempatnya Mencoblos

 2,709 kali dilihat 2,709 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Kandidat Bupati Teluk Bintuni nomor urut 1,…

Cegah Banjir, BWS Papua Barat Akan Normalisasi Kali Remu Sorong

 2,800 kali dilihat 2,800 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat tahun ini…

Tersebar Spanduk Markus Yenu Ajak “Merah Putihkan” Tanah Papua, Ketua DPRD: Ini Pesan Positif

 2,744 kali dilihat 2,744 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Sebuah pemandangan yang positif tampak ditemukan di…

Puncak HUT RI Ke 76, Romanus Ajak Masyarakat Tetap Tangguh dan Bertumbuh

 2,668 kali dilihat 2,668 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di puncak pelaksanaan HUT ke 76 Kemerdekaan…

Masalah Sampah di Kabupaten Sorong Mengusik Kenyamanan Warga, Bupati Ambil Langkah Cepat

 2,629 kali dilihat 2,629 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS- Persoalan sampah di kabupaten Sorong akhir-akhir ini sudah…

Paino: Setelah Dialihkan ke Sistem Online, Banyak Data Penduduk yang Tidak Sinkron

 2,612 kali dilihat 2,612 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)…

Gubernur Kaltara Sidak Lokasi Kota Baru Mandiri Tanjung Selor

 2,692 kali dilihat 2,692 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Percepatan pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM)…

Kaltim Akan Terima Insentif Pengurangan Emisi GRK

 2,657 kali dilihat 2,657 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mewakili…

Tiga Hari Menghilang, Nelayan Ini Ditemukan Tewas

 2,637 kali dilihat 2,637 kali dilihat TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang nelayan bernama Ato ditemukan dalam…