Berita

Dinas PUPR PB Dorong Sertifikasi Keahlian bagi Tenaga Kerja Kabupaten/Kota di Papua Barat

×

Dinas PUPR PB Dorong Sertifikasi Keahlian bagi Tenaga Kerja Kabupaten/Kota di Papua Barat

Sebarkan artikel ini
Dinas PUPR provinsi Papua Barat, menggelar kegiatan pelatihan Sertifikasi bagi tenaga kerja di Papua Barat. Foto Ray/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG-
Dinas PUPR provinsi Papua Barat, menggelar kegiatan pelatihan Sertifikasi bagi tenaga kerja di Papua Barat, bertempat di Balai Latihan Kerja (BLK) kota Sorong, Rabu (28/9/2022).

1465
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dengan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) diharapkan ada kegiatan serupa dilakukan di Dinas PUPR kabupaten/kota di Papua Barat.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR provinsi Papua Barat, Ir. Jhoni Asmuruf, ST.MM.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR provinsi Papua Barat, Ir. Jhoni Asmuruf, ST.MM, usai membuka kegiatan pelatihan dan sertifikasi bagi tenaga kerja terampil dan ahli se-Sorong Raya di Gedung BLK Kota Sorong.

Dikatakan, sudah tiga tahun bidang jasa Konstruksi di dinas PUPR Papua Barat belum ada program pelatihan dan sertifikasi yang diprogramkan dan dikerjakan dalam rangka upaya peningkatan SDM bagi tenaga kerja konstruksi ini.

“Sebenarnya sertifikasi ini yang bertanggungjawab adalah dinas PUPR di kabupaten/kota. Cuma sejak dua tahun dinas PUPR provinsi terbentuk. Dinas PUPR di kabupaten kota tidak pernah melakukan kegiatan sertifikasi ini. Oleh sebab itu, kami dari propinsi berinsiatif untuk membantu,” ungkap Asmuruf.

Lebih lanjut Asmuruf menjelaskan, manfaat sertifikasi bagi tenaga kerja, selain untuk memenuhi aturan. Juga bertujuan agar keahlian tenaga kerja dapat diuji oleh lembaga penguji berkopeten. Dan mengetahui skil atau keahliannya sendiri.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil dan tenaga ahli diselenggarakan oleh dinas PUPR Papua Barat. Diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa kabupaten kota di Papua, diantaranya kota Sorong, kabupaten Sorong, Raja Ampat, Maybrat, dan Tambrauw.