Berita

Dinas Perhubungan Kota Sorong Buka Pelayanan Uji KIR

×

Dinas Perhubungan Kota Sorong Buka Pelayanan Uji KIR

Sebarkan artikel ini
Pelayanan uji KIR di kantor dinas perhubungan kota Sorong. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dinas Perhubungan kota Sorong saat ini membuka pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (KIR).

Uji kir merupakan rangkaian kegiatan menguji, memeriksa komponen kendaraan bermotor, truk, angkutan umum, pick up dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan.

Pemilik kendaraan yang ingin menguji kendaraannya bisa langsung mendatangi kantor Dinas Perhubungan kota Sorong yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Kota Sorong.

Kepala Seksi Pengujian Dinas Perhubungan Kota Sorong, Herman Pumbowy menjelaskan pelayanan KIR dibuka tiap hari Senin – Jumat mulai pukul 09.00 WIT sampai dengan Pukul 12.00 WIT.

“Layanan uji KIR ini sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang,”kata Herman saat ditemui teropongnews.com di kantor Dinas Perhubungan kota Sorong, Kamis (20/1/2022).

4960
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Herman menjelaskan bahwa tugas mereka adalah menguji kondisi kendaaraan tersebut, mulai dari ban, rem, kolong mobil, lampu, jendela dan lain-lain. Sebab faktor tersebut juga mempengaruhi kelayakan.

Setelah semua dicek, apabila ada kendaraan saat dicek tidak lolos, maka harus perbaiki sampai lolos baru diterbitkan surat tanda lulus kelayakan, setelah itu kendaraan tersebut ditempel stiker sebagai tanda bahwa lolos uji.

“Untuk biayanya dikenakan Rp160.000, pembayarannya langsung ke bank Papua setelah mereka datang daftar ke sini. Kalau sudah bayar, kita langsung persiapkan untuk uji kendaraan,”pungkasnya.