Berita

Dinas Kesehatan Raja Ampat Gelar Kegiatan GERMAS Untuk Petugas Puskesmas

×

Dinas Kesehatan Raja Ampat Gelar Kegiatan GERMAS Untuk Petugas Puskesmas

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2022, Yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat.

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tahun 2022.

Kegiatan ini di gelar selama tiga hari, yang dimulai pada Senin hingga Rabu (12 – 14 Desember 2022) bertempat di Phuyaka Mengge Waisai Raja Ampat.

Kegiatan tersebut di beri thema : Upaya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2022, di ikuti sebanyak 28 peserta perwakilan Puskesmas di Kabupaten Raja Ampat.

4946
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat melalui Kepala Seksi Program Kesehatan Wahyuni Lestari, A.M.K.L. yang ditemui di sela-sela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan kegiatan lintas program.

“Ini kegiatan lintas program, dimana kami menyampaikan Germas kepada teman-teman petugas promosi kesehatan puskesmas,” ujar Wahyuni Lestari.

Wanita berjilbab yang sehari-harinya bertugas sebagai Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat menjelaskan indikator promosi kesehatan adalah melakukan hal-hal yang baik sesuai dengan bidang kesehatan, dimana melakukan aktifitas fisik dan mengkonsumsi sayur dan buah.

Selain itu, di puskesmas sendiri telah diberlakukan kawasan tanpa rokok. Dijelaskan pula bahwa untuk menjaga kesehatan lingkungan yang sehat tentunya tidak boleh merokok dan jauhi minuman beralkohol. Masyarakat juga diharapkan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke puskesmas terdekat selama 6 bulan sekali.

“Germas itu langkah-langkah yang harus di upayakan atau di kerjakan ke petugas puskesmas yaitu melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, memberikan lingkungan yang bersih serta menggunakan jamban sehat,” ujar Wahyuni.

Pihaknya berharap setelah peserta mengikuti kegiatan ini diharapkan petugas puskesmas di lapangan akan memberikan pemahaman kepada masyarakat di Raja Ampat agar terus memberlakukan hidup sehat.

“Harapan kami, masyarkat itu bisa meruba perilaku hidup bersih dan sehat tentunya dengan berperilaku hidup sehat masyarakat yang sakit juga akan berkurang, dan masyarakat banyak yang sehat,” beber Kepala Seksi Program Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat.

Masyarakat juga diharapkan dapat melakukan memeriksa kesehatan secara rutin 6 bulan sekali, menurutnya puskesmas bukan saja tempat yang di kunjungi masyarakat sewaktu sakit, melainkan masyarakat yang tidak sakit pun bisa mengunjungi puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terutama pemeriksaan kolesterol dan sebagainya.