Yakob Kareth, Sekda Kota Sorong yang baru saja dimutasi oleh walikota Lambert Jitmau. Foto : Sem/TN

 513 total views (dibaca)


TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Yakob Kareth, yang baru saja dimutasi oleh walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M, dari jabatan Sekretaris Daerah kota Sorong angkat bicara.

Walikota Sorong, Lambert Jitmau melakukan rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah kota Sorong, Jumat (17/6/2022) di gedung L. Jitmau.

Yakob Kareth, dalam konferensi Persnya, Jumat (17/6/2022) mengatakan, alasan dirinya dimutasi dari jabatan Sekretaris Daerah kota Sorong adalah, dimana dirinya dianggap menentang terhadap pimpinan (Walikota).

Oleh karena itu, ia akan melayangkan persoalan tersebut. Dirinya akan tuntut Perdata, juga ke KSN dan Kementrian Dalam Negeri.

“Sebagai pemulihan harkat, martabat dan harga diri, saya akan tuntut Perdata, dan melaporkan ke KSN dan Kementrian Dalam Negeri. Saya hanya mencari kebenaran dan keadilan, nanti aturan yang membuktikan bahwa kebenaran itu sejati dan tidak bisa berubah. Kebenaran tidak boleh direkayasa dan diubah-ubah,” terang Kareth.

Dikatakannya, saat ini dirinya lebih bermartabat menjadi staf, daripada menerima jabatan baru yang diberikan Walikota kepada dirinya, sebagai salah satu Staf Ahli di lingkungan Setda kota Sorong.

Menurutnya, jika ia dimutasikan karena evaluasi kinerja seharusnya hasil evaluasi tersebut diberikan kepadanya agar bisa memberi klarifikasi ataupun melakukan perbaikan.

“Seharusnya beliau memberikan hasil evaluasi itu kepada saya, agar saya bisa memberi klarifikasi atau perbaikan di mana kurangnya. Yang lucunya cuma mengevaluasi staff bagian-bagian aja, sekda tidak dikonfirmasi, ” ucapnya.

“Saya menduga, ada wacana mempertahankan dinastinya. Itu terbukti. Padahal saya juga tidak menginginkan menjadi Pj. Walikota Sorong. Masa pensiun saya masih 7 tahun lagi atau tahun 2028,”sambungnya.

Sementara itu kuasa hukum Yakob, Joromias Wattimena, S.H mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan kliennya untuk sesegera mungkin melakukan upaya hukum.

“Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan klien kami. Kami akan pelajari dan akan segera melakukan upaya hukum . Ada beberapa yang akan klien kami upayakan tetapi langkah-langkah itu tidak akan kami sampaikan di sini terperinci, ” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

BPS: Kaltara, Provinsi Termakmur ke-4 di Indonesia

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Merujuk rilis Badan Pusat Statistik…

Jalan Rusak di Ruas Soppeng–Pangkajene Akan Dituntaskan

 448 total views (dibaca)  448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulawesi Selatan…

Wagub Papua Barat, Wabup Sorong, Danrem 181/PVT Kompak Tinjau Serbuan Vaksin Covid-19 Gerakan Pramuka

 394 total views (dibaca)  394 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, SORONG- Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Papua…

“Aksi Stop Stunting”, Ini yang Dilakukan Dinkes Sulsel

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan…

Aplikasi Perpustakaan Digital Diluncurkan Pemkot Ambon

 469 total views (dibaca)  469 total views (dibaca) Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas…

Pimpin Partai Demokrat Periode 2020-2025, AFU : AHY Adalah Sosok Pemimpin Milenial yang Familiar

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) Jakarta, TN- Partai Demokrat resmi dinahkodai Agus Harimurti Yudhoyono…

Ribuan Paket Pangan Murah PT. SBI Merauke Habis Terjual

 504 total views (dibaca)  504 total views (dibaca) Merauke, TN – PT. Pelni Merauke melalui anak perusahaan…

Cegah Corona Di Tambrauw, ASN Dirumahkan Dan Pintu Perbatasan Dijaga Ketat

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) Tambrauw,TN – Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Aparatur…

Tinjau Abrasi di Takalar, Ini Kata PLT Gubernur Sulsel

 419 total views (dibaca)  419 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel),…

Laporan Tidak Diterima, Tim Hukum PMK2 Dirikan Tenda di Sekretariat Bawaslu Bintuni

 447 total views (dibaca)  447 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Tim hukum dan para pendukung Ir.Petrus…