Dialog Publik, Aliansi Pemuda Sorong Diminta Terlibat Jaga Kamtibmas

Foto Bersama Narasumber dan Aliansi Pemuda Peduli Keamanan Kota Sorong. Foto Hiskia/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kelompok Cipayung kota Sorong bersama aliansi pemuda kota Sorong menggelar dialog publik Peduli Keamanan dengan thema “Pemuda Bergerak Kota Sorong Aman”.

Kegiatan tersebut melibatkan Kodim 1802/Sorong diwakili Kasdim, Triyana, Akademisi Unimuda Sorong, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Nursalim, Ketua Forum Masyarakat Asli Papua Sorong Raya, Jerimias Gembenop.

Usai Kegiatan, Kasdim 1802/Sorong Triyana, berpesan kepada semua pemuda di kota Sorong agar selalu menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan nyaman, sehingga pemuda menjadi garda terdepan bagi masyarakat dalam menciptakan kedamaian

“Saya pesan kepada semua pemuda, mari kita ciptakan situasi kondisi kota Sorong yang aman, tentram dan damai. Kita senantiasa untuk bersama-sama menjadi garda terdepan dan penyejuk bagi masyarakat,” ujar Triyana, Rabu (8/6/2022).

Ia pun berharap pemuda turut mengambil peran bersama Babinsa, Babinkantibmas di kota Sorong untuk terlibat langsung kedalam kegiatan keamanan dan ketertiban dengan cara mengaktifkan kembali Pos Kamling di lingkungan masing-masing.

“Saya berharap kepada seluruh pemuda untuk bersama-sama dengan Babinsa, Babinkantibmas untuk menghidupkan keamanan dan ketertiban dengan cara menghidupkan Siskamling, menjauhi minuman-minuman keras yang akhirnya merugikan kita semua. Saya berharap kota Sorong semakin damai, semakin maju,dan berkembang,” tegasnya.

Ketua panitia pelaksana dialog pulik kota Sorong, Abu Kilian, menyebutkan bahwa dialog yang digagas oleh alinasi yang baru saja dibentuk tersebut merupakan inisiatif dari pemuda dengan melihat situasi kota Sorong saat ini.

“Kegiatan ini melatarbelakangi alasan mengapa adanya aliansi ini yang pertama adalah. Ini inisiatif dari kami pemuda yang tergabung didalam cipayung untuk bagaimana melihat situasi dan kondisi kota Sorong saat ini yang membuat kita perhatian kepada masalah yang terjadi baik kriminal,” kata Kilian.

Sebagai panitia dan juga pengurus aliansi masyarakat kota Sorong peduli keamana, ia berharap semua pihak terlibat dalam membantu Kepolisian untuk menjaga kemanan.

Menurutnya keamanan dan ketertiban bukan saja fungsi Kepolisian namun merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk pemuda di Sorong

“Harapan kami, semua elemen akan bersinergi, dari pemerintah, pemuda, mahasiswa dan tokoh masyarakat untuk bagaimana sama-sama terlibat langsung untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kota Sorong, karena peran pemuda itu penting, menjaga kota Sorong yang damai dan jauh dari konflik-konflik yang kita tidak sukai,” tutup Abu Kilian.