Berita

Di Sulsel, Ekonomi Meningkat dan Pengangguran Turun

×

Di Sulsel, Ekonomi Meningkat dan Pengangguran Turun

Sebarkan artikel ini
PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan (Sulsel), terus dilakukan perbaikan. Meski masih terkontraksi alias negatif, pertumbuhan ekonomi Sulsel pada periode kuartal I-2021 cukup signifikan.

1514
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mengingat selama pandemi Covid-19 yang mulai terjadi pada awal tahun lalu di Indonesia, khususnya di Sulsel, sangat berpengaruh dengan perekonomian.

Tak hanya mengalami pertumbuhan di sektor ekonomi, angka pengangguran di Sulsel pun memperlihatkan terjadi penurunan. Hal itu berdasarkan Berita Resmi Statistik oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulsel, tertanggal 5 Mei 2021.

Disebutkan, untuk Q1-2021, diangka -0,21 (y-on-y) atau ekonomi mengalami peningkatan dari kuartal 4-2020, -0,62 persen.

Sementara Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2021 sebesar 5,79 persen, atau mengalami penurunan sekitar 0,51 persen dari 6,31 persen pada Agustus 2020.

Menanggapi hal itu, PLT Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terus berupaya dalam perbaikan perekonomian, serta menekan angka pengangguran dengan mendorong penciptaan lapangan pekerjaan.

“Di kuartal I tahun 2021 ini, pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan berada pada -0,21 persen. Kita terus pacu agar ekonomi kembali ke zona positif,” ungkap Andi Sudirman kepada wartawan, di Makassar, Sabtu (8/5/2021).

Ia menambahkan, angka pengangguran juga terus ditekan. Dan dalam waktu sekitar enam bulan, berhasil ditekan sekitar 0,51 persen.