Bupati Merauke. Frederikus Gebze saat menggelar konferensi pers, di Kantor Bupati Merauke, Rabu (8/4). Foto-Ist/TN

 385 total views (dibaca)

Merauke, TN – Bupati Merauke. Frederikus Gebze mengumumkan, istilah lockdown diganti sebutannya dengan pembatasan penumpang dan pembatasan wilayah.

Pembatasan penumpang ini dikhususkan untuk angkutan udara dan angkutan laut. Setelah sebelumnya dilakukan penutupan akses bandara dan kapal laut, kini diberlakukan pembatasan penumpang untuk dua pintu masuk ini, dan pembatasan wilayah.

“Satu minggu untuk kita melaksanakan pembatasan penumpang, dan pembatasan wilayah,” terang Fredy dalam konferensi pers di Kantor Bupati Merauke, Rabu (8/4).

Keputusan ini berdasarkan kesepakatan bersama, setelah dilakukannya rapat bersama dengan pihak-pihak terkait, hasil analisa dampak dari Covid-19 di Kabupaten Merauke.

Menurut Bupati Merauke, berdasarkan surat resmi dari Menteri Kesehatan RI, saat ini RSUD Merauke sudah bisa melakukan pemerikasaan sampel spesimen pasien Covid-19 sendiri, karena alat PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk memeriksa spesimen pasien Covid-19 sudah tersedia di RSUD Merauke.

“Hal ini memberikan kemudahan bagi kita di Kabupaten Merauke. Kalau sebelumnya kita harus mengirim ke luar, maka sekarang sudah bisa diperiksa di Merauke,” tutur Frederikus Gebze.

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, lanjut dia, petugas sudah dibentuk secara berjenjang dari tingkat kabupaten, distrik, kelurahan dan kampung. Untuk itu, koordinasi dan komunikasi dapat dilakukan secara berjenjang.

Saat ini, lanjut Freddy, ketersediaan bahan makanan di Merauke aman, terhitung bulan April sampai Oktober 2020. Kecuali garam beryodium, gula dan BBM yang harus dipasok dari luar Merauke dan Papua.

Untuk itu, Bupati bethatap, masyarakat tidak mudah percaya, dan tidak menyebarkan hoax atau berita bohong, agar tidak membuat masyarakat menjadi panik dan takut.

“Tetap mengikuti anjuran pemerintah, yaitu di rumah saja, menjaga jarak, jaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan gunakan hand sanitizer, memakai masker serta menjaga imunitas tubuh,” ajak Freddy.

Berita lain untuk anda

Ratusan Pemuda Yang Tak Lolos Tes Catam TNI Kembali Datangi DPRD

 383 total views (dibaca)  383 total views (dibaca) Ambon, TN – Ratusan pemuda yang berasal dari empat…

Salut! Satpol PP Kota Ambon Bersihkan Rumah Ibadah

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Jiwa sosial tunjukan Satuan Polisi Pamong…

DPRD Maluku Sambut Baik Kunjungan KPK RI

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku menyambut baik kunjungan…

Dua Suku yang Bentrok di Kota Sorong Akhirnya Sepakat Berdamai

 479 total views (dibaca)  479 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kedua suku yang bertikai di kota Sorong,…

Cegah Penyebaran Covid-19, Sejumlah Kebijakan Diambil Pemkot Ambon

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon serius dalam…

Pemprov Kaltara Tingkatkan Indeks Demokrasi

 456 total views (dibaca)  456 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Naik dan turunnya indeks demokrasi…

Warga Malut Diimbau Tak Mudik

 419 total views (dibaca)  419 total views (dibaca) Ternate, TN – Warga di Provinsi Maluku Utara diimbau…

Pemprov Sulbar Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Masa Libur Panjang

 417 total views (dibaca)  417 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAMUJU – Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Enny…

Ketua KPU Sulsel: Anggaran Pilkada Perlu Dicairkan 100 Persen

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi…

Faskes Lansia Berbasis Wisata dan Ekologi Akan Dibangun di Merauke

 385 total views (dibaca)  385 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di Kabupaten Merauke, akan ada tiga…