Di Kabupaten Sorong 1 Pasien C-19 Sembuh, 3 Terpapar Positif

Jubir Gustu COVID-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnold Tiniap,M.Empid. (Foto : Abe/TN)

Manokwari,TN– Kabar gembira namun mengejutkan, update terbaru gugus tugas penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) Provinsi Papua Barat per tanggal 21 Mei 2020 ada kabar gembira.

Karena satu pasien yang terpapar virus corona di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat dinyatakan sembuh setelah swabnya di balai penelitian pengembangan loboratorium Makassar sebanyak dua kali.

“Hari ini ada 1 pasien positif COVID-19 yang sudah sembuh dari Kabupaten Sorong, orang dewasa, jenis kelamin laki-laki, sebelumnya dia terpapar melalui orang tanpa gejala (OTG)” kata jubir gugus tugas covid-19 Provinsi Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap kepada wartawan di ruang press conference RSUD Provinsi Papua Barat, Kamis (21/5).

Dengan penambahan 1 orang sembuh maka total keseluruhan Papua Barat 10 orang masing-masing Kabupaten Manokwari 4 orang, Teluk Bintuni 3 orang, Sorong 1 orang, Manokwari Selatan 1 orang dan Kota Sorong 1 orang,

1 orang sembuh dari virus corona namun 3 orang terkonfirmasi terpapar COVID-19 dari Kabupaten Sorong namun Juru bicara belum mengungkapkan identitas dan alamat dari 3 pasien tersebut.

“Dengan penambahan 3 pasien ini maka total untuk Papua Barat 109 orang yang terdiri dari Kabupaten Sorong 32, Kota Sorong 30, Teluk Bintuni 22, Raja Ampat 16, Manokwari 7, Mansel 1 dan Fakfak 1” tutur dr Arnold Tiniap.

Sekertaris dinas kesehatan Provinsi Papua Barat ini mengatakan bahwa untuk OTG ada penambahan 8 orang dari Kabupaten Manokwari sehingga totalnya 1.118 orang, masih dalam pemantauan 706 dan selesai pemantauan 412 orang.

Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) tidak ada penambahan sehingga totalnya masih 936, masih dalam pemantauan 115 dan selesai pemantauan 821 orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) juga tidak ada penambahan jadi totalnya 69 orang, yang masih dalam pengawasan 14 dan sudah selesai pengawasan 55 orang.