Di Haltim, BLT Segera Disalurkan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Timur, Azis Ajarat. Foto-Ist/TN

Ternate, TN – Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga yang terdampak langsung Covid-19 di Kabupaten Halmahera Timur, akan segera disalurkan oleh pemerintah kabupaten setempat.

“Yang jelas bahwa kita sudah melakukan proses pendataan. Dan setelah dilakukan sinkronisasi, jumlah penerima bantuan sosial berupa BLT itu sebanyak 3.846 Kepala Keluarga (KK), yang tersebar di 10 kecamatan. Nah, BLT itu sebesar Rp. 300 ribu perbulan, dan terhitung 3 bulan, sejak April hingga Juni, dan dibayar langsung tidak bertahap,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Haltim, Azis Ajarat saat dihubungi wartawan, dari Ternate, Selasa (12/5).

Menurutnya, untuk bisa mengkaver seluruh penerima manfaat, maka pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar lebih untuk percepatan penanganan Covid-19 di Halsel.

”Saya harus mengakui agak kesulitan kita dalam melakukan proses pendataan. Tapi saya berharap untuk dana yang sumbernya dari APBN tidak bisa dobel. Ambil misal, jika ada warga yang sudah menerima BLT melalui Dana Desa (DD), tidak lagi menerima bantuan dari Kementerian Sosial, karena sumber anggarannya dari APBN,” tandas dia.