Deputi BNPP Kemendagri dan HIPMI Berikan Motivasi Kesuksesan Kepada Pemuda di Sorong

Deputi BNPP Kemendagri Komjen Pol. Paulus Waterpauw dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Papua Barat menggelar acara bincang santai pemuda dan milenial lintas organisasi se-Sorong raya di Vega Hotel Sorong. (Foto: Mega/TN)


TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Deputi Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kemendagri Komjen Pol. Paulus Waterpauw bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Papua Barat menggelar acara bincang santai pemuda dan milenial lintas organisasi se-Sorong raya di Vega Hotel Sorong, Senin (25/4/2022).

Acara itu juga dikemas dengan buka puasa bersama sekaligus pemberian bantuan kepada beberapa panti asuhan yang ada di kota Sorong yakni panti asuhan Hidayatullah, panti asuhan Emeyodere, panti asuhan Melati Raya, dan Panti Asuhan Al-Amin.

Deputi Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kemendagri Komjen Pol. Paulus Waterpauw saat menyerahkan bantuan kepada anak-anak panti asuhan di Sorong. (Foto: Mega/TN)

Kegiatan itu turut dihadiri ketua umum BPD HIPMI Papua Barat William Heinrich dan pengurus BPD HIPMI Papua Barat, serta organisasi mahasiswa, komunitas motor dan komunitas pemuda.

Deputi BNPP Kemendagri, Komjen Pol. Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan, kedepan generasi muda akan menjadi penerus atau pelaku utama generasi selanjutnya untuk membangun bangsa ini.

“Arahan saya lebih banyak ke anak muda, karena generasi muda ini nanti merek jadi pengganti generasi kita. Jadi saya minta kalau ada pendapat dari orang tua yang hadir silahkan di sampaikan, ” ujar Paulus Waterpauw.

Secara singkat, Paulus Waterpauw menceritakan biografi hidupnya dan pengalaman-pengalaman yang ia telah lalui hingga bisa sukses dan berhasil di kepolisian.

“Kita tidak akan tahu terlahir dari keluarga siapa itu misteri Tuhan, kemudian sampai nanti jadi apa kita tidak pernah tahu. Selalu bersyukur dan dengar nasehat kedua orang tua dan patuhilah. Jangan keras kepala apalagi kepala batu, suka melawan orang tua, malas, tidak taat itu jangan. Itu nasehat saya, “kata Waterpauw.

Menurutnya, nasib seseorang tidak ada yang pernah tahu dan kelak akan menjadi apa di masa yang akan datang. Paulus menyampaikan, yang bisa membuat diri seorang itu berhasil adalah individu itu sendiri.

“Oleh karena itu ajaran orang tua dan guru itu adalah ajaran terbesar dan harus dibarengi motivasi karena tanpa motivasi tidak akan tercapai. Kita tidak pernah tahu kita mau jadi apa kita tidak pernah tahu karena itu rahasia Tuhan. Jadilah seorang yang memiliki prestasi, karena dengan prestasi itu akan ada nilai dan otomatis akan ada penghargaan,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BPD HIPMI Papua Barat, Wiliam Heinrich menjelaskan bahwa HIPMI bukan hanya sekedar perkumpulan pengusaha muda, tetapi bagaimana HIPMI bisa menciptakan pemimpin masa depan.

“Kita ingin meningkatkan kepercayaan diri pemuda-pemuda di Papua Barat ke depan karena jujur bagaimana negara atau provinsi Papua Barat maju kalau pemuda saja tidak dilibatkan dalam proses pmbangunan, “ucapnya.

Alasan dirinya memilih Deputi BNPP Kemendagri, Komjen Politik Paulus Waterpauw untuk menjadi narasumber adalah karena ia merupakan tokoh Papua yang mempunyai rekam jejak yang jelas, sehingga bisa menginspirasi serta memberi motivasi kepada pemuda-pemuda Papua Barat.

“Saya berharap pemerintah provinsi maupun kota/kabupaten membuka ruang untuk pemuda-pemuda itu. Dibuka dan dilibatkan dalam proses pembangunan, karena jujur jaman semakin berubah. Sekarng sudah digital dan itu butuh pemuda, makanya pemuda harus dilibatkan agar Papua Barat tidak jadi Provinsi terbelakang di Indonesia, “pungkasnya.