Wajib pajak saat membayar pajak di kantor Samsat kota Sorong dengan menggunakan mesin EDC. (Foto:Mega/TN)

 5,698 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan,M.S launching mesin Electronic Data Capture (EDC), sekaligus menyerahkan penghargaan wajib pajak taat dan Wapu serta persemian revitalisasi ruang pelayanan pajak UPT Samsat Kota Sorong, Aimas dan Bintuni, Jumat (6/5/2022).

Peresmian aplikasi EDC dan revitalisasi ruang pelayanan pajak UPT Samsat Kota Sorong, Aimas dan Bintuni ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di kantor UPT Samsat kota Sorong.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan revitalisasi ruang pelayanan pajak UPT Samsat Kota Sorong, Aimas dan Bintuni ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di kantor UPT Samsat kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Papua Barat Charles Hutauruk,S.E.,M.M mengatakan, launching mesin EDC bertujuan untuk mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak.

“Sehingga wajib pajak saat hendak membayar pajak kendaraan bermotor, tidak perlu membawa uang tapi bisa melalui online,” jelas Charles Hutauruk.

Sementara Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan,M.Si dalam sambutannya mengatakan, Provinsi Papua Barat yang luasnya sekitar 102.946 km2, terbagi pada 12 pemerintah kabupaten dan 1 (satu) kota dengan jumlah penduduk 1.138.000, dengan tingkat kepadatan rata-rata 11 jiwa/km, tertinggi di kota sorong sebesar 433 jiwa per km (data tahun 2020).

Menurutnya, kondisi ini menunjukkan besarnya kebutuhan fiskal disatu sisi, sedangkan disisi lain disadari masih rendahnya kapasitas fiskal utamanya, yang bersumber dari kendali pemerintah daerah, seperti halnya Pendapatan asli daerah (PAD).

Ia mengakui, meskipun secara umum pajak daerah masih mendominasi penerimaan dari pendapatan asli daerah, namun belum mampu diandalkan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan.

“Tentunya penerimaan pajak daerah selaras dengan transaksi aktivitas ekonomi di satu daerah dan jumlah penduduk yang masih rendah. PAD menunjukkan kemampuan daerah dalam mendanai otonomi daerah sesuai dengan potensi daerah, sebagai perwujudan desentralisasi. Untuk itu dibutuhkan usaha lebih dalam memperbaiki tingkat layanan publik baik perbaikan sarana, perangkat dan publikasi pelayanan itu sendiri, “jelas Dominggus.

Selaku pimpinan daerah, Dominggus mengapresiasi apa yang telah dilakukan badan pendapatan daerah dalam meningkatkan pelayanan publik kesamsatan, dengan merevitalisasi ruang pelayanan pajak dan reward wajib pajak yang taat, serta penghargaan wajib pungut pajak bahan- bahan kendaraan bermotor.

Berita lain untuk anda

Ohoirat: Jangan Dulu Berkesimpulan, Kita Tunggu Hasil PCR

 188 total views (dibaca)  188 total views (dibaca) Ambon, TN – Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda)…

Kemenko Marves Tinjau Pelabuhan dan Bandara di Raja Ampat

 152 total views (dibaca)  152 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Genjot perekonomian kabupaten Raja Ampat, melalui…

Tim Saber Pungli Kota Sorong Tangkap Calo SIKM, Pasang Tarif Rp 150 Ribu Per Orang

 195 total views (dibaca)  195 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tim Sapu Bersih pungutan liar (Saber…

Naas! Hendak Pantau Ilegal Logging, Empat Orang Warga Nimboran Dikeroyok

 758 total views (dibaca)  758 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Empat dari 17 orang masyarakat adat…

Astaga! Ribuan Kendaraan di Ternate tak Kantongi BPKB

 164 total views (dibaca)  164 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Ribuan kendaraan di Kota Ternate ternyata…

Soal Pergantian Yusran Yusuf, Ini Kata Gubernur Sulsel

 167 total views (dibaca)  167 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Alumni SMANDU Ambon Angkatan 90 Raih Rekor MURI

 224 total views (dibaca)  224 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Prestasi luar biasa ini dicapai para…

Penyaluran BST di Ambon Lansung ‘Door to Door’

 155 total views (dibaca)  155 total views (dibaca) Ambon, TN – Menggunakan sistem ‘door to door’, Pemerintah…

Vaksin Covid-19 Tiba di Papua Barat, Daerah yang Tinggi Kasus Positif Diprioritaskan

 195 total views (dibaca)  195 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Pemerintah pusat melalui PT Biofarma telah…

Dua Ditangkap Empat DPO, Begini Nasib Pelaku Curas di Kali Bak Kampung Harapan

 183 total views (dibaca)  183 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Kapolres Jayapura AKBP. Dr. Viktor Dean…