Datangi KPUD Bintuni, Istri Ali Bauw Keberatan Namanya Ada Di Berkas Bapaslon

Sri Utamiati S.Pd (jilbab oranye), mengisi buku tamu saat tiba di KPUD Teluk Bintuni, Jumat (18/9/2020), bersama dengan dua anaknya dan didampingi Cosmas Refra SH, kuasa hukumnya. Istri sah Ali Ibrahim Bauw ini menyatakan keberatan namanya tercantum dalam berkas syarat calon Bupati. (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Tahapan pengaduan masyarakat sesi kedua atas hasilverifikasi berkas syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, dimanfaatkan Sri Utamiati S.Pd, istri sah Ali Ibrahim Bauw SE, untuk menyampaikan keberatan.

Sri Utamiati mendatangi Sekretariat KPUD untuk menyampaikan keberatan atas pencantuman namanya dalam berkas syarat calon Bupati Teluk Bintuni atas nama Ali Ibrahim Bauw, Jumat (18/9/2020) siang.

Datang langsung dari Kota Bandung, Sri Utamiati tidak pergi sendirian. Ibu empat anak ini ditemani dua anak laki-laki dari pernikahannya dengan Ali Ibrahim Bauw; Ary Yana Rizki Firdaus Bauw dan Ayesha Gilang Prahara.

Ke KPUD Teluk Bintuni, keluarga ini didampingi Tim Kuasa Hukum yang dipimpin Cosmas Refra SH, MH, pengacara dari Kantor Hukum Advokat Cosmas Refra SH, MH, CPCL & Rekan. Dua orang komisioner KPUD, Didimus Kambia (Devisi Hukum) dan Eko Priyo Utomo (Devisi Teknis) dan sejumlah staf, menerima kedatangan mereka di ruang rapat KPUD.

Ary Yana Rizky Firdaus Bauw, anak kandung Ali Ibrahim Bauw, menunjukkan foto ayah dan ibunya, bersama dengan anak-anaknya.

Yang menjadi alasan mendasar Utamiati keberatan adalah, sebagai istri sah yang hingga kini masih tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung , dirinya merasa hanya diperalat untuk mencapai tujuan politik Ali Ibrahim Bauw.

“Pada berkas yang disampaikan ke KPUD, nama saya ditulis sebagai istrinya. Tapi fakta yang terjadi, dalam berbagai kesempatan politik, dia muncul bersama dengan perempuan lain sebagai pasangan,” kata Utamiati, dengan mata berkaca-kaca.

Datang ke KPUD sekitar pukul 11.36 WIT, Sri Utamiati menyampaikan pernyataan keberatan itu secara tertulis, dan ditandatangani di atas materai Rp 6000. Dalam surat itu, Sri Utamiati menulis; Menyatakan dengan sebenarnya demi kebenaran hukum dan keadilan dan hukum Islam SAYA SANGAT KEBERATAN untuk pencantuman nama saya Sri Utamiati dalam berkas pencalonan bakal calon Bupati Bupati Ali Ibrahim Bauw.

“Karena yang bersangkutan tidak pernah menghubungi saya, apalagi meminta ijin dari saya sebagai istri sah untuk nama saya disertakan dan bersama-sama berproses dalam Pilkada ini,” tulis Sri Utamiati dalam pernyataannya.

Ary Yana Rizky Firdaus Bauw, anak kandung Ali Ibrahim Bauw, menunjukkan foto ayahnya yang tampil bersama wanita lain sebagai pasangannya.

“Lebih jauh dari itu, ternyata suami saya Ali Ibrahim Bauw telah hidup bersama dengan wanita lain tanpa seijin saya, dan wanita lain itu berproses bersama-sama dengan suami saya dalam proses pemberkasan Calon Bupati Kabupaten Teluk Bintuni,” tambah Sri Utamiati.

Ditemui usai menerima Sri Utamiati dan anak-anaknya, Eko Priyo Utomo, Komisioner KPUD Bintuni Devisi Teknis mengatakan, dari persoalan yang diajukan keluarga salah satu bapaslon dari hasil verifikasi perbaikan berkas syarat calon, pihaknya akan memediasi dengan bapaslon yang bersangkutan untuk mengklarifikasi.

“Kami KPUD hanya sebagai mediator, karena persoalan yang disampaikan adalah menyangkut pribadi dari bapaslon, berkaitan dengan keberatan pencantuman nama. Itu nanti akan saya sampaikan ke LO bapaslon, tapi sebelumnya nanti kami akan melakukan pertemuan dengan seluruh komisioner lainnya,” ujar Eko.

Sementara Ali Ibrahim Bauw, hingga berita ini ditulis, belum berhasil di konfirmasi. Pertanyaan jurnalis Teropongnews ke nomor WA 0821-9986-xxxx yang diketahui milik Ali Ibrahim Bauw, belum dijawab. **