Berita

Danyon Marhanlan Dampingi Danlantamal XI Tinjau Kreasi Prajurit

×

Danyon Marhanlan Dampingi Danlantamal XI Tinjau Kreasi Prajurit

Sebarkan artikel ini
Hasil olahan minyak kelapa di Yonmarhanlan XI Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pataut diberikan apresiasi, Prajurit Yonmarhanlan XI Merauke punya kreaktifitas menghasilkan minyak kelapa tradisional di tengah situasi harga minyak goreng tengah naik.

Menariknya lagi, Prajurit Yonmarhanlan XI mengajarkan kepada masyarakat sekitar Merauke yaitu bagaimana cara membuat minyak goreng dari buah kelapa. Diawali dengan pemilihan buah kelapa yang sudah tua dengan kualitas baik dan segar, kemudian dibersihkan dan diparut lalu campurkan dengan air matang, peras sampai mendapatkan sari santan.

Kemudian, tuangkan air santan ke dalam penggorengan dengan api yang kecil, jika minyak sudah terbentuk tuangkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bisa dapat memproduksi minyak goreng untuk kebutuhan sendiri, harapannya masyarakat juga mampu memanfaatkan buah kelapa yang tersedia banyak di Kabupaten Merauke sehingga akan menjadi peluang untuk menghemat perekonomian keluarga dan untuk peningkatan ketahanan pangan, mewujudkan swasembada pangan nasional.

2413
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan ini ditinjau langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) Xl Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H, bersama Ketua Korcab XI DJA III Ny. Cindy Gatot Mardiyono, didampingi Danyonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.Opsla dan Ketua Ranting D Korcab Pasmar 3 Ny. Yati Alfredo Antaribaba, Sabtu (2/4/2022), di Ksatrian Anim Ha Yonmarhanlan Xl, Jl. Diko 1 Trans Irian Wasur, Kelurahan Rimba Jaya, Distrik Merauke.

Dalam mendukung program ketahanan pangan, Yonmarhanlan XI juga melaksanakan panen padi di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang ditanami padi jenis beras merah dan padi india, padi ini merupakan jenis padi yang memiliki varietas hasil panen yang cukup tinggi.

Kegiatan ini juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yakni harus menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

“Selain dikelola dan hasilnya dapat dikonsumsi untuk para prajurit Yonmarhanlan XI, hasil dari ketahanan pangan yang kita laksanakan ini juga dapat diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Danlantamal Xl Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono, S.H, melalui Danyonmarhanlan XI Merauke Mayor Marinir Alfredo Yowel Antaribaba, M.Tr.

Di akhir kegiatan dilakukan penebaran sebanyak 5000 benih ikan nila di kolam ketahanan pangan Yonmarhanlan XI.