Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.Ik, M.H,. (Foto:Mega/TN)

 473 total views (dibaca)

Sorong,TN – Kasus kejahatan di Kota Sorong meningkat akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 . Pasalnya, akibat mewabahnya virus ini, banyak sektor yang terdampak, salah satunya sektor ekonomi yang tertekan.

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan menyebut, kejahatan yang meningkat di tengah pandemi virus Corona ini adalah kasus 3C, yakni pencurian dan kekerasan (Curas), pencurian dan pemberatan (Curat), serta pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Jadi crime totalnya sudah meningkat sampai 50 persen, dan rata-rata kejahatannya adalah 3C yakni Curat, Curas dan Curanmor, bukan kejahatan korupsi, itu nggak ada,”ujar Kapolres Sorong Kota usai melakukan pertemuan dengan Walikota Sorong bersama unsur Muspida, Kamis (09/04).

Menurut Kapolres, dampak dari penyebaran virus corona sangat dirasakan masyarakat. Oleh karenanya pihaknya meminta kepada pemerintah dalam hal ini pemerintah kota Sorong untuk memperhatikan masalah ini.

Pihaknya mengakui, ada hubungan erat antara kondisi ekonomi dengan angka tindak kejahatan. Di saat perekonomian melemah, menurutnya angka kriminalitas sudah pasti meningkat.

“Saya sampaikan juga dengan Walikota, mohon dipertimbangkan dengan bijak. Kalau masalah masuk penjara saya lebih kasihan sama masyarakat, karena hanya demi memenuhi kebutuhan perut aja mereka akan melakukan tindakan kriminal. Itu loh yang disayangkan. Semuanya harus benar-benar terakomodir, jangan karena masalah Covid-19 selesai tapi masalah baru muncul dari dampak tadi,”tutur Kapolres.

Selain itu, pihaknya juga terus memantau dan mengantisipasi munculnya angka kejahatan dengan kebijakan pembebasan asimilasi bagi narapidana. Diketahui, kebijakan tersebut diambil pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona.

“Belum lagi tentang wacana Kemenkunham kemarin untuk dibebaskan 30.000 Napi untuk seluruh indonesia. Tapi kan dalam arti kondisinya masih begini, saya rasa pasti akan nambah masalah lagi yaitu masalah sosial. Masalah dipenjaranya selesai masalah di wilayah bertambah, pasti itu,”jelas Kapolres sembari menambahkan bahwa di kota Sorong sudah ada 84 Napi yang dilepas karena program asimilasi dari Kemenkumham.

Berita lain untuk anda

Di Hari Pertama Penerapan PKM di Ambon Berjalan Aman dan Lancar

 475 total views (dibaca)  475 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di…

Buka Musrembang RKPD 2022, Bupati Raja Ampat : Pemda Butuh Kepala OPD yang Inovatif

 474 total views (dibaca)  474 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pemerintah kabupaten Raja Ampat menggelar Musyawarah…

Puncak Gunung 400 HBM, Tempat Piknik Untuk Menikmati Panorama Kota Sorong

 561 total views (dibaca)  561 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, yang…

Almarhum Bupati Demas Di Mata Sekda Aljabar Makatita : Bersahaja, Tegas dan Konsisten

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) Sorong, TN- Kabar meninggalnya bupati Manokwari Papua Barat, Demas…

SKK Migas-Petrogas Dukung Peralatan laboratorium IPA Bagi Pelajar di Kabupaten Sorong

 5,440 total views (dibaca)  5,440 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – SKK Migas – KKKS Petrogas (Basin) Ltd…

OPD Pemkab Sorong Diwarning Segera Laporkan Penggunaan DAK 2020

 446 total views (dibaca)  446 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Agar tidak mempengaruhi progres dana alokasi…

PSI Papua Barat Kebut Verifikasi, DPD Kota Sorong Optimis Lolos

 426 total views (dibaca)  426 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia…

Musrenbang RKPD Kota Ternate Resmi Digelar

 496 total views (dibaca)  496 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman membuka…

Wali Kota Ternate Hadiri Buka Puasa Bersama IKABA Malut

 447 total views (dibaca)  447 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman…

Per 28 Maret ODP Covid 19 di Papua 2311 Orang, PDP 43 Orang

 430 total views (dibaca)  430 total views (dibaca) Jayapura, TN – Perkembangan Covid 19 di Papua kembali…