Cuaca Buruk, Helikopter Mendarat Darurat di Lapangan Nimbokrang

Helikopter mendarat darurat di Lapangan Sepak Bola di Blok. D Kampung Benyom Jaya I pada Minggo Sore (7/2/2021). ( Ft; Nes/TN).

TEROPONGNEWS.COM – Akibat cuaca buruk helikopter yang digunakan oleh Perusahaan Initrade Persada Nusantara mendarat darurat di lapangan sepakbola kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang Kab. Jayapura. tadi Sore (07/02/2021).

Helikopter Jenis MI-8MTV-I dengan Nomor Registrasi UP-MI815 yang dipiloti Capt. Oleksii Iegorichev, Co pilot Capt. Valeria Chommorets serta 4 kru/engginering dan 6 penumpang dari staf Perusahaan Initrade Persada Nusantara, take off dari bandara Advent Doyo Baru kabupaten Jayapura tujuan Mimika/Timika, akhirnya memutuskan mendarat darurat di lapangan sepakbola kampung Benyom Jaya I Nimbokrang, setelah terbang kurang lebih 1 (satu) jam akibat cuaca buruk.

Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si melalui Kapolsek Nimbokrang Ipda Priyono saat dikonfirmasi membenarkan pendaratan darurat salah satu helikopter di wilayahnya tersebut.

“Berdasarkan keterangan dan informasi yang kami peroleh, helikopter tersebut take off pada pukul 09.00 Wit dari lapangan terbang Advent dengan tujuan Timika, setelah menempuh penerbangan sekitar kurang lebih 1 (satu) jam pilot menerima informasi dari bandara Timika bahwa cuaca tidak mendukung untuk melanjutkan perjalanan, sehingga helikopter merubah rute untuk mendarat kembali ke Doyo Baru,” ungkapnya.

Lanjut Ipda Priyono, dikarenakan cuaca tidak mendukung, helikopter kembali memutar arah ke daerah Distrik Nimbokrang untuk mencari lokasi pendaratan yang aman, awalnya helikopter sempat mendarat darurat di ladang Kampung Benyom Jaya II, namun karena kondisi tanah yang gembur akhirnya helikopter kembali mencari tempat pendaratan di Lapangan Sepak Bola kampung Benyom Jaya II dan juga terjadi hal yang sama dimana pada saat mendarat tanah amblas karena tidak dapat menahan beban helikopter tersebut.

Akhirnya helikopter tersebut baru bisa melakukan pendaratan darurat di Lapangan Sepak Bola di Blok. D Kampung Benyom Jaya I. Hingga berita ini dipublish, helikopter masih berada di Lapangan Sepak Bola Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang.

Ipda Priyono menambahkan, menurut informasi dari Dirut Perusahaan Initrade Persada Nusantara, Satya Graha Utama, apabila cuaca mendukung Take Off akan dilakukan besok , Senin (08/2/2021) sekitar pukul 06.00 Wit.