Ciptakan Rasa Aman, TNI-Polri Siap Sukseskan PON XX Papua di Merauke

Pemeriksaan pasukan apel gelar pasukan pengamanan PON XX Papua di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kasi Ops Korem 174/ATW Kolonel Arh Hamim Tohari didampingi Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji, dan Dandim 1707/Merauke Letkol CZI Muh. Rois Edy Susilo memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON XX Papua tahun 2021 Klaster Merauke.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan pengamanan PON XX terutama kesiapan personil, sarana prasarana yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas untuk mensukseskan jalannya pertandingan secara aman, tertib, nyaman dan lancar.

“PON Papua bukan hanya sebagai pesta olahraga tetapi kebangggan tersendiri bagi masyarakat Papua. Oleh karena itu, selama PON akan disertai peningkatan masyarakat yang ingin menyaksikan kegiatan tersebut. Aktivitas ,mobilisasi akan mengalami peningkatan akan menjadi gangguan apabila tidak dilakukan dengan baik,” tegas Kasi OPS Korem 174/ATW membacakan sambutan Kapolda Papua di Halaman Kapsul Waktu Merauke, Senin (20/09/2021).

Personel diturunakan untuk mengamankan di venue, wisma atlet, tempat penginapan dan lainnya agar setia orang dapat mengikutinya dengan rasa aman dan nyaman. Target Operasi pengamanan PON adalah terwujudnya rasa aman bagi masyarakat, menjamin keselamatan dan kelancaran lalu lintas selama PON, bangunnya kesiapsiagaan sistem tanggap darurat dalam menghadapi keadaandarurat, termonitor semua kejadian dengan cermat, akurat dan benar sehingga dapat dilakukan bahan evaluasi.

“Tampilkan sikap humanis, hindari sikap arogan dan kesewenang-wenangan, ikhlas dan pegamg teguh rasa pengabdian dan melayani masyarakat dan kontingen dengan baik kapan dan dimana pun,” pinta Kasi Ops.

Dalam apel gelar pasukan Kasi Ops menyebut sekitar 1000 lebih personil TNI, Polri, Brimop, dan SAR yang akan mengamankan jalannya PON di Klaster Merauke. Pihaknya akan bertugas hingga tanggal 18 Oktober 2021.