Polisi Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengamankan kayu dari aktivitas penebangan liar. Foto-Ist/TN

 1,069 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sangat serius dalam hal perbaikan kualitas lingkungan hidup, tidak hanya dari sisi penanaman yang selalu diperhatikan, namun juga perlindungan terhadap hutan dan hasil hutan menjadi prioritas utama.

“Jadi, dari awal tahun hingga sekarang telah menangani empat wilayah yang terjadi kerusakan hutan di Kalsel, diantaranya berada di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut, KPH Balangan, KPH Pulau Laut Sebuku dan KPH Sengayam,” ucap Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra kepada wartawan, di Banjarbaru, Selasa (24/1/2023).

Disampaikan Fathimatuzzahra, pihaknya akan terus berupaya meminimalisir gangguan kerusakan hutan di wilayah Kalsel, dengan cara memperketat pengawasan.

“Dishut bersama KPH memang terus rutin melakukan patroli dan pengawasan ketat, dalam rangka pengamanan hutan untuk menjaga kelestarian kawasan hutan, hak-hak negara atas hutan dan hasil hutan,” sebut Fathimatuzzahra.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengamanan Hutan, Haris Setiawan menyatakan, Dishut memang mengedepankan pendekatan persuasif kepada masyarakat, agar dapat menjaga kawasan hutan dan bisa ikut peduli dalam menjaga kelestarian kawasan hutan lindung, sekaligus mencegah kegiatan ilegal.

Terjadinya perusakan hutan di wilayah KPH Tanah Laut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat yang menginformasikan tentang adanya illegal logging, yang terjadi di dalam Kawasan Hutan Lindung Gunung Lintang, Desa Martadah, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.

“Jadi, saat berada di tempat lokasi tim Polisi Kehutanan (Polhut) bersama Tenaga Kontrak Pengamanan Hutan (TKPH) KPH Tanah Laut hanya menemukan kayu logging sebanyak dua potong panjang 4 meter dan 1 potong panjang 8 meter dengan ukuran diameter 40cm up,” kata Haris.

Selanjutnya, di wilayah KPH Balangan menemukan tumpukan kayu tak bertuan sebanyak 9 potong yang disembunyikan dalam semak belukar di Desa Uren, Dusun Tampaan dan Desa Mamantang.

“Di wilayah KPH Pulau Laut Sebuku menemukan tumpukan kayu papan di Desa Kulipak, Kecamatan Pulau Laut Timur Kabupaten Kotabaru dengan ukuran 2x20x4 sebanyak 26 keping dan ukuran 4x20x4 sebanyak 35 keping dengan total 1.536 meter kubik di dua lokasi yang berdekatan, dan di wilayah KPH Sengayam tepatnya di Desa Buluh Kuning Kabupaten Kotabaru, Tim Patroli menemukan tumpukan kayu jenis Ulin dengan jumlah kurang lebih 1 meter kubik,” tutup Haris.

Berita lain untuk anda

Pemprov Sulsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Soppeng

 2,670 kali dilihat 2,670 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman…

Menuju Kemenangan 2024, DPD Demokrat PB Gelar Fit and Propert Test Calon Ketua DPC Kabupaten/Kota

 5,113 kali dilihat 5,113 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Papua Barat…

Lantik Tim Faris-ORI di Lima Kampung, AFU : Ajak Pendukung KoKos Gabung dengan Faris-ORI

 2,589 kali dilihat 2,589 kali dilihat TEROPONGNEWS COM, RAJA AMPAT- Lima kampung di distrik Salawati Barat…

Meningkat Signifikan, Positif Covid-19 Kota Sorong Kini Berjumlah 583 Kasus

 2,694 kali dilihat 2,694 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kasus positif COVID-19 di Kota Sorong terus mengalami…

Gubernur Kalsel: Hari Ibu Tonggak Perjuangan Perempuan Dalam Menyuarakan Hak-haknya

 3,031 kali dilihat 3,031 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BANJARMASIN – Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan tonggak perjuangan…

Mulai 1 Agustus, Pertamina Buka Pendaftaran BBM Subsidi di Wilayah Sorong, Ini Syaratnya

 3,271 kali dilihat 3,271 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – PT Pertamina (Persero) akan membuka pendaftaran Subsidi tepat…

BPOM-Dinkes Akan Awasi Obat dan Makanan

 1,865 kali dilihat 1,865 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku…

3.234 Warga di Malut Telah Jalani Rapid Test

 2,739 kali dilihat 2,739 kali dilihat Ternate, TN – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19…

Bocah Penderita Stenosis Pilorus di Kendari Diberi Santunan

 2,931 kali dilihat 2,931 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Hj.…

Di Welcoming Dinner Jeju Peace Forum 2022, Megawati Serukan Perdamaian Dunia

 2,417 kali dilihat 2,417 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri bersama Sekretaris…