Berita

Cari Bibit Atlet Berprestasi, Lantamal XIV Gelar Kejuaraan Karate

×

Cari Bibit Atlet Berprestasi, Lantamal XIV Gelar Kejuaraan Karate

Sebarkan artikel ini
Lantamal XIV Sorong gelar Kejuaraan Intern Karate Inkai Se-Sorong Raya, Senin (28/3/2022) di GSG Lantamal XIV. (Foto: Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Lantamal XIV Sorong menyelenggarakan Kejuaraan Intern Karate Inkai Se-Sorong Raya, Senin (28/3/2022) di Gedung Serba Guna (GSG) lantamal XIV Sorong, Papua Barat.

Kejuaraan Karate yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 28 sampai dengan 30 Maret 2022 ini diikuti oleh 10 kontingen, yang terdiri dari 3 kontingen sipil dan 7 kontingen militer, dengan total peserta kontingen sebanyak 170 orang.

Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV, Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan guna mencari bibit-bibit atlet karate sorong, untuk disiapkan dalam event nasional dan internasional.

4359
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Termaksud mencari bibit dari satuan TNI-Polri dalam mengikuti kejuaraan piala Kasal, piala Kasad, piala Panglima TNI, sekaligus mengukur kemampuan atlit-atlit karateka untuk di jadikan bahan evaluasi menuju prestasi secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan,”jelas Danlantamal XIV.

Danlantamal menuturkan, untuk kontingen TNI berasal dari Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar 3, Batalyon Zipur, Batalyon 764 dan Satuan Brimob Papua Barat. Sedangkan dari Kontingen Umum berasal dari berbagai penjuru Se-Sorong Raya.

Selain itu, terdapat dua kelas dalam pertandingan kejuaraan karate piala Danlantamal XIV ini diantaranya, Kata Perorangan dan Kumite perorangan. Kategori Umur mulai dari Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Kadet, Junior dan Senior.

“Kegiatan ini merupakan implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu Membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman,”pungkas Danlantamal XIV.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Forki Inkai Papua Barat, Sensei Husen Lahibu mengungkapkan bahwa karate adalah cabang olahraga terbanyak yang menyumbang medali untuk Indonesia pada Asian Games.

“Sehingga hal itu memotivasi karateka-karateka di Provinsi Papua Barat untuk kedepannya lebih baik lagi. Karena karate Inkai ini salah satu perguruan terbesar dan terbanyak menyumbang atlet secara nasional maupun internasional. Kami bisa berbicara seperti ini karena itu dibuktikan dengan banyaknya atlet- atlet karateka Inkai yang berprestasi,”ungkapnya.

Husen juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Komandan Lantamal XIV Sorong yang telah menggelar kejuaraan Karate Inkai Se-Sorong Raya. Sehingga kedepan atlet-atlet Inkai dapat lebih berprestasi.