Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut. Foto-Ist/TN

 154 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada Bupati Maluku Tenggara (Malra), Thaher Hanubun, yang sukses menyelesaikan konflik antar desa di kabupaten yang dipimpinnya, hanya dengan melakukan pendekatan secara kultur dan terbuka.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut mengatakan, cara Bupati Malra untuk menyelesaikan konflik di daerahnya, memberi isyarat kepala daerah lain di Maluku harus mencontohi Thaher Hanubun.

“Pak Bupati Malra ini pantas untuk dijadikan contoh. Ini namanya pemimpin yang sangat mencintai rakyat dan daerahnya. Tanpa diundang pun, beliau hadir di DPRD. Dan ini patut diapresiasi,” kata Sairdekut saat rapat koordinasi Komisi I dengan Polda Maluku, Kodam XVI/Pattimura, dan Pemkab Malra soal penanganan konflik antar warga di Malra dan Kota Tual, yang berlangsung di ruang paripurna kantor DPRD Provinsi Maluku, Kamis (4/8/2022).

Sairdekut juga menyayangkan sikap sejumlah pimpinan daerah di Maluku, yang sepertinya lambat, bahkan tidak peduli untuk menyelesaikan konflik antar warga maupun desa di kabupaten yang dipimpinnya.

“Saya kita Bupati Malra harus menjadi contoh. Tidak diundang pun beliau hadir. Sementara bupati yang lain, kami undang tidak hadir. Kita harus belajar dari Bupati Malra,” ujar dia.

Apresiasi juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra. Pasalnya, Bupati Malra dan Wali Kota Tual tanggap dan cepat, untuk menyelesaikan konflik di daerah yang dipimpinnya.

“Beda dengan kepala daerah lain. Contoh Bupati Malteng (Tuasikal Abua), yang sampai saat ini belum juga bisa menyelesaikan konflik Kariuw dan Pelauw. Itu karena Bupatinya tidak kooperatif. Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Malra. Bupati Malra telepon saya langsung untuk hadir. Kita meresponi, agar kita tahu secara langsung juga,” ungkap Rumra.

Dia berharap, Pemerintah Provinsi Maluku ikut merespon, untuk penyelesaian konflik antar warga di dua daerah itu. Kendati memang sistim kewenangan penting, tapi koordinasi terkait kewenangan pusat, maka diteruskan oleh Pemprov.

“Pemkab Malra telah menyampaikan kebutuhan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar. Tadi kami sampaikan ke Pemprov Maluku, untuk masuk dana tak terduga atau masuk APBD perubahan. Kita tahu penyelesaian konflik didua daerah itu tidak merembes ke daerah lain. Kalau daerah lain sudah merembes ke daerah lain,” pungkas Rumra.

Untuk itu, kata Rumra, pihaknya akan berkoordinasi dengan Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie, agar dana tak terduga difransfer untuk bangun rumah yang rusak dan fasilitas lain.

“Begitu juga di TNI dan Polri di Kota Tual dan Malra. Soal pembangunan Polres Malra, nanti saat penyampaian aspirasi ke Mabes Polri, maka pemintaan ini kami akan disampaikan,” janji dia.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Roy Elwen Pattiasina menyatakan, seorang pemimpin seharusnya selalu berada ditengah masyarakat, baik dalam suka maupun duka, seperti yang dilakukan Bupati Malra.

“Kita butuh pemimpin yang selalu hadir untuk masyarakatnya. Kalau dimaki dan dilempari itu biasa. Jadi memang kita apresiasi Bupati Malra,” kata Pattiasina.

Bukan saja Bupati Malra, Pattiasina juga mengapresiasi Pangdam XVI/Pattimura dan Kapolda Maluku, turun langsung mendamaikan warga bertikai Malra dan Kota Tual.

“Saya berharap, Babinsa dan Babinkamtibmas selalu melakukan patroli. Kalau ada yang minum minuman keras tolong dibubarkan. Ini yang biasa memicu bentrok,” tandas Pattiasina.

Berita lain untuk anda

Puluhan Marinir Datangi Markas Polsek Salawati Saat Tengah Malam, Ada Apa?

 779 total views (dibaca)  779 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SALAWATI – Dua pleton lebih prajurit marinir dari…

DPW GPN Papua Barat Gandeng PSP Berderma Dompet Ikan Sentuh UMKM Papua

 702 total views (dibaca)  702 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Berderma DPW Partai…

Papua Muda Inspiratif Target Lahirkan 10.000 Petani Milenial

 705 total views (dibaca)  705 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Program Petani Milenial Provinsi Papua Barat…

Andi Sudirman Berwisata Kuliner Tradisional di Bira

 679 total views (dibaca)  679 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel),…

Persoalan Pupuk di Merauke, Sulaeman Hamzah Akan Tindaklanjuti ke Pusat

 814 total views (dibaca)  814 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Keluhan terkait masalah pupuk yang dialami…

Papua Barat Tuan Rumah Kunjungan Anggota W20, Kominfo Siap Tingkatkan Layanan Telekomunikasi

 774 total views (dibaca)  774 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Provinsi Papua Barat ditetapkan sebagai salah satu…

Anggota DPRD Maybrat Ini Bantah Pemberitaan Media bahwa Frenky Nauw Menyerang Posramil Mare

 2,113 total views (dibaca)  2,113 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Yonas Yewen., A. Md. Tek., anggota DPRD…

Warga Pulau Soop Terima Vaksinasi COVID-19 Dari TNI AL

 795 total views (dibaca)  795 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong…

Tanjung Selor Alami Deflasi -0,26 Persen

 741 total views (dibaca)  741 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Berdasarkan pantauan Indeks Harga Konsumen…

Dituding Bunuh Suami, 26 Pengacara Siap Dampingi ARP

 838 total views (dibaca)  838 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kematian anggota Brimob Detasemen B Pelopor…