Saat mengikuti rapat dengan Satgas Covid-19, Bupati Sorong minta dipastikan stok pangan di Kabupaten Sorong aman, sebelum diputuskan lockdown. (Foto:Tantowi/TN)

 405 total views (dibaca)

Aimas, TN – Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru SH M.Si tidak ingin gegabah dalam melakukan pembatasan wilayah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sebelum keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan, Johny Kamuru minta stok kebutuhan pangan di Kabupaten Sorong aman dalam mencukupi kebutuhan masyarakat, paling tidak untuk selama 14 hari.

“Tolong Kepala Dinas Ketahanan Pangan di pantau terus, dipastikan lagi bagaimana kondisi stok pangan kita,” kata Bupati Johny Kamuru, saat mengikuti rapat terbatas dengan Satgas Covid-19 di Posko Satgas Kabupaten Sorong, Selasa (21/4/2020).

Permintaan Bupati itu disampaikan menanggapi pernyataan Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Sorong, Mohammad Said Noer, agar dilakukan PSBB jika kondisi pandemic corona di Kota Sorong sudah dalam level mengkhawatirkan.

 “Manakala perkembangan di Kota Sorong sudah ‘mengkhawatirkan’, maka saya minta kepada Pak Bupati agar akses di Tugu Pawbili ditutup. Suka tidak suka, mau tidak mau, ini yang harus kita lakukan dalam memutus mata rantai virus corona di Kabupaten Sorong. Karena penyebaran virus corona ini melalui pergerakan manusia,” kata Said Noer.

Sementara menanggapi pernyataan Bupati Sorong, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong, Maritje Watimena menjelaskan, untuk saat ini stok pangan masih tetap aman.

“Akhir bulan ini ada 1.500 ton beras yang masuk. Jadi untuk kondisi pangan kita aman. Hanya yang terjadi sedikit kelangkaan adalah gula. Stok tetap ada, namun harga naik. Kalau biasa harga normal 12 ribu sampai 13 ribu per kilo, saat ini sampai 20 ribu,” urai Maritje.

Terkait dengan sayuran, ditambahkan Maritje, Kabupaten Sorong termasuk sentra produksinya, sehingga tidak perlu khawatir. Apalagi masyarakat di perkampungan, saat ini sudah mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam sayuran.

“Jadi apa yang tadi disampaikan Pak Ketua, dalam menyikapi kondisi terburuk, kita harus lockdown, kami berharap hanya mobilitas manusia saja. Tetapi untuk mobilisasi pangan, khususnya beras tetap diperbolehkan, karena distribusinya dari kota,” kata Maritje. **

Berita lain untuk anda

Jurnalis Teropongnews.com Raih Tiga Nomor Sekaligus di Lomba Karya Tulis Jurnalistik SKK Migas

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG  –  Tantowi Djauhari, jurnalis Teropongnews.com, portal media…

Samloy: Kebijakan Perpanjang Karantina Oleh Pemkab MBD Wajar

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) Ambon, TN – Kebijakan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya…

DKP Ambon Lakukan Riset Cemaran Mikroba Patogen Pada Ikan

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota…

Polres Sorong dan Ikawangi Gelar Vaksinasi Berhadiah Umroh, Ini Syaratnya

 407 total views (dibaca)  407 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Sorong bersama…

Gubernur Sulsel : Gugus Tugas Pusat Apresiasi Sulsel Tangani Pandemi Covid-19

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) Makassar, TN – Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Pusat,…

Kota Sorong Alami Deflasi 0,30 Persen Pada Bulan November 2021, Berikut Penyebabnya

 395 total views (dibaca)  395 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Bulan November 2021, Kota Sorong mengalami Deflasi…

Soal Video Jimmy Ijie Di YouTube, Yoseph : Itu Sudah Sesuai Fakta

 425 total views (dibaca)  425 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Belum lama ini, video anggota DPR RI…

Awal Juli, Yunus Serang Dilantik Sebagai Anggota DPRD Maluku PAW

 1,653 total views (dibaca)  1,653 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dipastikan pada awal Juli 2022 nanti,…

Seluruh Personel dan Keluarga Lanud DMA Divaksin Booster

 394 total views (dibaca)  394 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lanud J.A. Dimara Merauke menggelar Vaksinasi…

Januari 2022, Neraca Perdagangan Luar Negeri Malut Sebesar US$520,49 Juta

 437 total views (dibaca)  437 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Neraca perdagangan Maluku Utara pada bulan…