Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru mengambil sumpah jabatan Ari Wijayanti, yang dilantik sebagai Penjabat Sekda Kabupaten Sorong. Momentum itu dihadiri para Kepala OPD dan pejabat lain di lingkungan Pemkab Sorong. (Foto:Ist/TN)

 922 total views (dibaca)

Aimas, TN – Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru meminta Dr. Ari Wijayanti yang telah dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong, tidak mematikan ponselnya selama 24 jam.

Sebagai pejabat daerah yang menduduki posisi strategis, Ari Wijayanti harus on call untuk memudahkan koordinasi. Apalagi pengangkatan Kepala BPKAD sebagai Penjabat Sekda, dilakukan di tengah pandemi wabah virus corona.

“Selaku Penjabat Sekda, nomor ponsel harus aktif 24 jam untuk memudahkan koordinasi. Penjabat Sekda harus dapat memastikan berbagai program prioritas Pemkab Sorong dapat berjalan sesuai perencanaannya,” kata Bupati Johny Kamuru usai mengambil sumpah jabatan Ari Wijayanti di pendopo rumah dinas Bupati Sorong, Jumat (8/5/2020).

Menurut Bupati, Penjabat Sekda mempunyai tugas strategis, yakni membantu kepala daerah menyusun kebijakan, dan pengkoordinasian administrasi pelaksana tugas perangkat daerah, dan pelayanan administrasi.

Ada mekanisme baru dalam proses penetapan Penjabat Sekda yang mengacu pada Peraturan Presiden RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekda. Pada Pasal 5 Ayat 2 menegaskan, bahwa Bupati/Wali Kota mengangkat penjabat Sekda kabupaten/kota untuk melaksanakan tugas Sekda setelah mendapat persetujuan dari gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Sementara pada Ayat 3 menegaskan, masa jabatan Penjabat Sekda sebagaimana paling lama 6 bulan dalam hal Sekda tidak dapat melaksanakan tugas, dan paling lama 3 bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah.

Selanjutnya, pada Pasal 9 menegaskan,   bahwa Penjabat sekda dilantik oleh penjabat Pembina kepegawaian paling lambat lima hari kerja, terhitung sejak keputusan pengangkatan Penjabat Sekda ditetapkan.

Ari Wijayanti menduduki posisi sebagai Penjabat Sekda, setelah jabatan puncak birokrasi di Kabupaten Sorong ditinggalkan Ir. Muhammad Said Noer, yang telah memasuki masa pensiun, setelah menduduki jabatan itu selama 2 tahun 6 bulan.

Kendati sudah pensiun, Said Noer saat ini masih diberi tugas oleh Bupati Sorong sebagai Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sorong.  Jabatan itu diberikan Bupati sejak Said Noer masih aktif sebagai Sekda.

“Secara struktural Ketua Satgas Covid-19 ini adalah Sekda, dan saya sudah keluarkan SK-nya. Tapi karena situasi seperti ini, saya masih perintahkan Pak Said Noer yang sudah pensiun dari jabatan Sekda, untuk tetap melanjutkan jabatan itu, dan nanti pertanggungjawaban disampaikan kepada Penjabat Sekda,” kata Bupati.

Pelantikan Ari Wijayanti itu dihadiri Kapolres Sorong dan Dandim 1802 Letkol Inf.Budiman, Wakil Bupati Suka Harjono dan para pimpinan OPD. Hingga pelantikan usai, hanya Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, ML Malagam yang tidak terlihat hadir. **

Berita lain untuk anda

Bantuan Hasil Olahan Ikan Program Safari Gemarikan Didominasi OAP

 930 total views (dibaca)  930 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Safari Gemarikan (Gerakan memasyarakatkan makan ikan)…

Jaksa Bebaskan MNU dari Lapas Manokwari atas Perintah Pengadilan

 1,009 total views (dibaca)  1,009 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Sejak dititipkan sebagai tahanan Kejaksaan Tinggi (Kejati)…

OSO Instruksikan Rhony Sapulette Kembali Bagikan Bantuan Bagi Jemaat Anugerah Halong

 1,056 total views (dibaca)  1,056 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu kader Partai Hati Nurani…

DPR Dukung Film Indonesia Berlaga di Ajang Kompetisi Piala Oscar

 500 total views (dibaca)  500 total views (dibaca) B Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung film Ngeri-Ngeri…

Ijin Tinggal WNA Saat New Normal di Merauke Disosialisasikan

 979 total views (dibaca)  979 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI…

Kinerja Sulsel Terus Membaik, Ini Indikatornya

 1,139 total views (dibaca)  1,139 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi…

Ratusan Pemain Badminton Ikut Berkompetisi Sambut HUT Merauke ke -120

 1,054 total views (dibaca)  1,054 total views (dibaca) TEROPONGNEWS COM, MERAUKE – Sekda Merauke Ruslan Ramli membuka…

Robert Kardinal Gelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Bersama Warga Pasar Boswesen

 972 total views (dibaca)  972 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG -Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Robert Joppye…

Pemprov Kaltim Mulai Distribusi Vaksin

 1,089 total views (dibaca)  1,089 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Sebanyak 38.120 vaksin Covid-19 didistribusikan ke…

Cegah Penyebaran Covid-19, Korem 181/PVT Bagikan 1000 Masker Kepada Pengguna Jalan

 989 total views (dibaca)  989 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri S.E,…