Bupati Merauke Teken Kerjasama dengan President Director PT BIA di Korea Selatan

Penandatanganan kerjasama antara Bupati Merauke dan President Director PT BIA di Korea Selatan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka didampingi istri Imelda Carolina Mbaraka tiba di Bandara Mopah Merauke usai jalan dinas ke Korea Selatan di Kota Seoul untuk melakukan penandatanganan kerjasama dengan President Direcotor PT. Bio Inti Agrindo (PT BIA) Hyun Chang Seop terkait realisasi tanggangjawab investor terhadap rakyat sekitar perusahaan di Merauke.

Dalam masa investasi perusahan yang bergerak dalam produksi minyak kelapa sawit ini atau CPO (Crude Palm Oil), terdapat program kerjasama pemberdayaan masyararakat di beberapa bidang. Seperti bidang pendidikan, perumahaan, infrastruktur dan kesehatan.

“Realisasi sudah jalan, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, infrastruktur,” terang Romanus Mbaraka di VIP Room Bandara Mopah, Senin (29/8/2022).

Dengan kerjasama tersebut, Pemkab Merauke melalui insitusi teknis terkait dapat melakukan koordinasi dalam mendukung program dimaksud dengan pembiayaan dilakukan oleh PT BIA. Kerjasama ini, kata Romanus secara hirarkir akan dilaporkan kepada pemerintan pusat, baik ke Depdagri dan Depertemen Kehutanan RI.

Pertemuan bersama President Director PT BIA itu, sempat terjadi pembicaraan khusus menyangkut pembangunan jalan poros utama dari PT BIA ke Kampung Selir yang nanti akan dibangun oleh perusahan ternama itu. Sehingga membantu memudahkan mobilitas barang dan orang di wilayaj tersebut.

Dikatakan, kerjasama perusahaan ternama PT BIA dengan Pemkab Merauke sangat baik. Begitu pula dengan perusahaan lain, juga diakui cukup baik. Hanya untuk kerjasama terbaru secara faktual dilakukan penandatanganan adalah PT BIA.

Sebagai informasi, tahun 2020 tidak ada komoditas minyak sawit mentah PT BIA yang diekspor ke luar negeri. Tahun 2021 sebanyak 3 kali kegiatan ekspor ke negara India sebanyak 20.132.450 Kg. Sementara untuk tahun ini, hingga Agustus 2022 belum ada pengiriman CPO ke negara tujuan.