Lokasi ternak ayam petelur PT. Harvest Pulus Papua di Merauke. Foto-Dok/TN

 2,826 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tidak serta merta permintaan masyarakat untuk menutup atau memindahkan kandang ayam petelur milik PT. Harvest Pulus Papua di Kampung Marga Mulya Merauke langsung dituruti, karena masih perlu dilakukan kajian.

Permintaan penutupan atau pemindahan itu karena PT. Harvest Pulus Papua dianggap gagal dalam menangani limba kotoran ayam yang mengakibatkan pencemaran lingkungan bagi warga sekitar.

Bupati Merauke Romanus Mbaraka mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diteliti seperti hasil laboratirium sejauh mana bau yang dihasilkan dari limbah kotoran ternak ayam tersebut, yang ternyata hasilnya masih dalam ambang batas.

“Ternyata dari hasil laboratorium, bau yang ada masih dalam ambang batas. Jadi belum lebih. Saya coba meneliti secara detail bagaimana cara mengelola limbah sesuai dengan standar pengelolaan limbah di peternakan,” terang Romanus Mbaraka usai pertemuan dengan perwakilan pihak terkait dan PT. Harvest Pulus Papua di Gedung Negara, Kamis (17/2/2022).

Lebih lanjut Romanus mengatakan, proses untuk mengurangi bau kotoran ayam sudah dilakukan pihak perusahaan, dan bahkan masyarakat sekitar pun biasa mengambil dan memanfaatkan hasil olahan limbah kotoran ayam untuk dijadikan pupuk di lahannya masing-masing.

Namun, menurut Bupati Merauke, Unit Pengelolaan Limbah ternak perlu lebih mengevektifkan penanganannya, atau juga ada alternatif lain misalnya penampungan kotoran hewan dipindahkan lebih jauh dari lokasi saat ini.

“Nanti kita juga akan lihat kapasitas kandang sendiri dengan lokasi yang ada. Apakah dari jumlah populasi yang ada sekarang dan kelayakan lingkungan ini sebanding tidak. Nanti sesudah itu baru kita ambil kesimpulan,” terang Romanus Mbaraka.

Terkait prosesnya, menurutnya harus dapat dijelaskan ke masyarakat terutama hasil laboratorium. Karena tidak setiap hari bau menyengat mengganggu masyarakat, tetapi hanya terjadi di waktu-waktu tertentu.

Pantauan langsung dilapangan juga akan dilakukan Bupati Romanus ke PT. Harvest Pulus Papua termasuk beberapa kandang yang ada di sekitarnya, untuk dijadikan bahan perbandingan lalu dikolaborasikan dalam hal pengelolaan limbah yang ada di semua ternak besar atau sedang di Merauke.

“Permintaan masyarakat untuk ditutup atau dipindahkan ke tempat lain, kita harus mengkajinya secara teknis. Saya lagi serius mengkaji, agar aspirasi masyarakat juga mendapat respon lalu investasi tetap jalan untuk keperluan pembangunan di Kabupaten Merauke,” imbuhnya.

Berita lain untuk anda

Kantor Kwarcab Pramuka Kota Sorong Diresmikan, Ini Harapan Walikota

 2,743 kali dilihat 2,743 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Walikota Sorong, Drs.Ec. Lambert Jitmau, M.M,.meresmikan kantor Kwartir…

Papua Barat Tambahan 3 Pasien Positif COVID-19

 2,672 kali dilihat 2,672 kali dilihat Manokwari,TN– Berdasarkan update gugus tugas penanganangan COVID-19 Provinsi Papua Barat…

Program Rekreasi Duta Covid-19 Turunkan Kurva Penyebaran di Sulsel

 2,694 kali dilihat 2,694 kali dilihat Makassar, TN – Program rekreasi Duta Covid-19 telah berlangsung selama…

DPRD Harap Kepala Daerah dan ASN Netral Saat Pilkada Serentak 2020

 2,593 kali dilihat 2,593 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku berharap, kepala daerah bisa…

Buka Festival Budaya, PJ Wali Kota: Ukulele Sedang Digemari Generasi Muda di Ambon

 1,641 kali dilihat 1,641 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pembangunan infrastruktur fisik di kota ini harus…

KADIN Bantu Ratusan Oksigen dan Regulator Untuk Pemprov Sulsel

 2,885 kali dilihat 2,885 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi…

Lantamal XI Merauke Perketat Kegiatan Pencegahan Penyebaran Covid-19

 2,624 kali dilihat 2,624 kali dilihat Merauke, TN – Dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini,…

Polemik Pelantikan Kepala Kampung di Perbatasan Maybrat-Sorsel, Bupati Sorsel Minta Gubernur PB Turun Tangan

 2,626 kali dilihat 2,626 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN-Pelaksanaan acara pelantikan kepala kampung Persiapan di wilayah hukum…

Henock Puraro : PTSP Tidak Kelola Retribusi, Hanya Mengeluarkan Ijin

 2,882 kali dilihat 2,882 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SENTANI – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu…

Ungkapan Hati Wagub Kaltim Dihadapan Ormas

 2,758 kali dilihat 2,758 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), H Hadi…