Bupati Merauke: Keluarga Pasien Virus Corona Masih di Rumahkan

Jayapura, TN – Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze mengaku terdapat sekitar 5-6 orang yang diduga berinteraksi dengan pasien corona yang dinyatakan positif dari Kabupaten Merauke. Hanya saja, statusnya masih OPD dan masih di rumahkan.

“Kurang lebih ada 5-6 orang keluarga yang berinteraksi langsung tapi kita lakukan pengawasan terhadap 26 orang anggota keluarga kedua pasien ini, dengan status saat ini masih masih di rumahkan,” kata Bupati, Senin (23/3/2020).

Bupati menyebut pemerintah telah memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Satgas Anti Corona untuk mengatasi OPD Corona.

“kita sudah serahkan kepada Satgas, karena siapa saja yang bersentuhan dan bertemu pastinya sudah dalam pengawasan,” katanya.

Meski demikian, kata Bupati keluarga dua pasien tersebut untuk saat ini masih di rumahnya. “ Itu kewenangan Satgas, yang pasti pemerintah telah menyerahkan sepenuhnya kepada Satgas,” katanya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Papua minta pemerintah Kabupaten Merauke terkhususnya dinas teknis terkait untuk sesegera mungkin melakukan pengawasan dan upaya konkrit terhadap keluarga dua pasien yang positif Covid 19 atau Corona di Kabupaten Merauke.

“Kita koordinasi langsung dengan Kepala Daerah bersangkutan agar sesegera mungkin melakukan pemantauan, terkait rekam jejak pasien yang bersangkutan dalam hal interaksi sebelumnya dengan pihak keluarga maupun rekannya,” kata Sekda Papua, TEA Dosinaen.

Menurut sekda, Pemerintah Papua sangat disayangkan dan turt prihatin terhadap kedua pasien, dan pastinya ada interaksi dengan antara pasien dengan pihak keluarga terdekat.

“Menurut Bupati, pemerintah dan dinas kesehatan setempat juga telah melakukan penanganan dini terhadap pihak keluarga pasien,” kata Sekda.