Berita

Bupati Maybrat Resmikan Rumah Sakit Pratama di Aifat

×

Bupati Maybrat Resmikan Rumah Sakit Pratama di Aifat

Sebarkan artikel ini
Bupati Maybrat, Dr.Bernard Sagrim, MM, resmikan rumah sakit Pratama di Aifat. Foto Ones/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Bupati Maybrat Dr.Bernard Sagrim,MM, meresmikan Rumah Sakit Pratama (RSP) tipe D, dan melantik dr.Sonny Edison Fatie, sebagai Direktur RSP teesebut, yang berlokasi di Sunere, distrik Aifat kabupaten Maybrat, Papua Barat, Senin (14/6/2021).

1462
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Selain melantik dr.Sonny Edison Fatie, sebagai Direktur rumah sakit Pratama, bupati Sagrim juga melantik Yance Kaitana S.KM sebagai Kasubag Tata Usaha, Martafina Army Yaah, S.Kep,Ns sebagai Kasubag Pelayanan, dan Balantina Fatem A.Mk sebagai Kasubag Penunjang.

Bupati Bernad Sagrim dalam sambutannya, mengatakan kehadiran rumah sakit pratama merupakan kebutuhan pelayanan yang amat mendasar di bidang kesehatan, sehingga dirinya berharap kedepan perlu adanya manajemen dan kolaborasi yang baik secara berjenjang antara RSUD Pratama dengan 14 puskesmas yang tersebar di Maybrat guna melakukan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Karena alkes dan obat-obatan yang ada di rumah sakit belum tentu ada di puskesmas, begitupun sebaliknya, jadi kata kunci yang paling penting adalah tergantung pada manajemen itu sendiri,” ujarnya

Terkait fasilitas rumah sakit termasuk SDM, Sagrim berjanji dalam waktu dekat akan memanggil pihak terkait untuk mengadakan pertemuan guna membahas hal tersebut.

“Nanti Bapak rapat disini dengan semua, dengan sekda, kadis kesehatan, direktur rumah sakit, kepala puskesmas, dan pejabat terkait nanti kita rapat sebelum tanggal 28 untuk bapak mau dapat laporan, mulai dari rumah sakit, sarana air bersih, alat kesehatan, layanan telekomunikasi dan lain-lain,” katanya.

Sagrim juga meminta direktur dan jajaran yang baru dilantik agar mulai menggerakkan semua sumber daya yang ada untuk siap lakukan pelayanan secara total dengan porsi atau keahlian masing-masing, namun sebelum itu terlebih dulu dilakukan pembenahan dan pemetaan terhadap setiap kebutuhan rumah sakit, Hal itu menurut Sagrim, dilakukan agar dengan mudah bisa diketahui berapa besaran anggaran yang akan dialokasikan ke rumah sakit tersebut.

“Nah dari situ baru kita berbicara soal anggaran, atau berbicara soal distribusi SDM dan lain-lain, jadi kita tidak bisa mulai bicara uang dulu,” tegas Sagrim.

Selain Rumah Sakit Pratama, Sagrim menambahkan bahwa ada beberapa puskesmas nusantara di Maybrat yang akan diresmikannya dalam tahun ini yakni puskesmas Aifat di Kumurkek, Puskesmas Ayamaru Timur, dan Ayamaru Utara di Mare.

Di Akhir Sambutannya, Bupati Maybrat menyampaikan terima kasih kepada pemilik ulayat setempat yang telah melepaskan lahan atau lokasi tersebut untuk dibangun rumah sakit pratama, begitu juga semua pihak yang telah terlibat dari awal pembangunan hingga peresmian.