4,803 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAROS — Bupati Maros, AS Chaidir Syam membuka kegiatan Workshop Nasional Sekolah Kepemimpinan. Kegiatan digelar oleh ShareEdu Indonesia di Gedung Serbaguna, Rabu (23/11/2022).

Pemimpin yang hebat lahir dari sekolah. Hal tersebut diungkapkan Bupati Maros, AS Chaidir Syam dihadapan para peserta workshop.

“Maka perlu peran guru sebagai teladan yang baik. Sebab, kepemimpinan dimulai dari lingkungan yang baik,” ungkapnya.

Era saat ini memiliki tantangan yang luar biasa. Dan pendidikan menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter calon pemimpin masa depan.

“Jika pendidik memberikan teladan yang baik, maka sesederhana itu kepemimpinan terlahir,” sebutnya

Ia juga menambahkan, telah banyak lahir teori-teori kepemimpinan. Namun yang sesungguhnya dibutuhkan adalah pemimpin yang memiliki nilai budaya.

“Misalnya saja dalam filosofi Bugis-Makassar, seorang pemimpin harus memiliki 3 sifat utama. Lempu yang berarti jujur, ada tongeng yang berarti berpegang pada kebenaran, getteng yang berarti tegas atau berkomitmen, serta Temmapasilainge berlaku adil kepada semua,” bebernya.

Chaidir berharap, melalui workshop ini, para guru atau pendidik lebih sadar, bahwa guru adalah orang tua kedua bagi muridnya. Ia menyebutkan, di Maros sendiri telah mendorong berbagai kegiatan terkait guru penggerak.

“Ibarat roll model. Guru harus berusaha menjadi fasilitator dalam mewujudkan merdeka belajar bagi muridnya,” tutur Chaidir.

Kegiatan Workshop tersebut mengikutkan kurang lebih 230 pendidik dari 11 provinsi berbeda. Ini merupakan rangkaian dari kegiatan Scout Leadership Camp ShareEdu Indonesia 2022 yang telah dibuka pada Senin (21/11/2022) lalu.

Ketua Dewan Pengarah Share Edu Indonesia Pusat, Misbahul Munir mengatakan, ShareEdu Indonesia hadir dengan tujuan memberikan perubahan yang sangat mendasar terhadap pendidikan. Menurutnya, berbicara soal pendidikan memiliki problem yang cukup kompleks.

“Salah satunya yakni menjadikan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat religius, berpengetahuan, dan juga sejahtera. Peradaban yang baik akan lahir jika dari sisi pendidikan kita benar,” katanya.

Peserta yang hadir berasal dari Maros, Makassar, Pangkep, Bone, Pinrang, Sinjai, Luwu, Bali, Kalimantan, Ternate, Sulawesi Barat, bahkan ada yang dari Bengkulu.

Berita lain untuk anda

Polres KKT Gelar Patroli dan Razia Yang Dikemas Dalam Giat Cipta Kondisi

 1,613 total views (dibaca)  1,613 total views (dibaca) Ambon, TN – Polres Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menggelar…

Gubernur Sulsel: Saya Akan Kerja Maksimal Hingga Akhir Masa Jabatan

 1,468 total views (dibaca)  1,468 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Di Kaimana Tidak Ada Kasus Baru Covid – 19

 120 total views (dibaca) Lima orang di ruang isolasi dan di tempat karantina semakin membaik

Pemkot Ternate Batasi Izin Keramaian Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

 2,051 total views (dibaca)  2,051 total views (dibaca) Ternate, TN – Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus…

Widya Senang Tenun Maluku Semakin Inovatif

 1,708 total views (dibaca)  1,708 total views (dibaca) Ambon, TN – Ketua Umum Dekranasda Provinsi Maluku, Widya…

Oktober, PTM di Makassar Mulai Digelar

 1,489 total views (dibaca)  1,489 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) segera akan…

Juliana Pattipeilohy Bantu Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis

 2,949 total views (dibaca)  2,949 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pembina Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku…

Miliki Sabu 29,26 Gram, Oknum Petugas Lapas Sorong Diringkus

 2,310 total views (dibaca)  2,310 total views (dibaca) Sorong, TN – Desas desus keberadaan Lapas Kelas II…

Gara-Gara Virus Corona, Sejumlah Agenda DPRD Maluku Ditunda

 1,922 total views (dibaca)  1,922 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku harus rela menunda…

Jimmy Ijie Sosialisasi 4 Pilar Sekaligus Berikan Sembako Kepada Warga

 1,488 total views (dibaca)  1,488 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Jimmy Demianus Ijie selaku anggota…