Berita

Bulan Ini, Pilkades Serentak di Ambon Digelar

×

Bulan Ini, Pilkades Serentak di Ambon Digelar

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kota Ambon, direncanakan akan digelar pada Maret ini. Ada sekitar 8 Desa dan 1 Negeri adat, yang akan melangsungkan Pilkades dimaksud.

“Ada 8 desa dan 1 negeri, yang akan melaksanakan Pilkades serentak yang digelar akhir Maret ini, dan akan dilantik paling lambat minggu kedua bulan April,” kata Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, Agus Ririmasse kepada wartawan, di Ambon, Jumat (4/3/2022).

Dia berharap, pada April nanti, sudah tidak ada lagi penjabat kepala pemerintahan di desa dan Negeri, karena semua sudah harus terselesaikan diakhir masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon.

2398
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Wali Kota dan Wakil Wali Kota mengharapkan, semua persoalan yang ada di kota ini segera di selesaikan sebelum akhir kepemimpinan mereka. Oleh karena itu selaku Sekot, saya menindaklanjuti arahan untuk segera menyelesaikan persoalan kades yang ada di Kota Ambon,” ujar Ririmasse.

Dia yakin, seluruh penjabat kepala desa dan raja siap menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak. Diharapkan, 8 desa dan 1 negeri ini bisa bekerjasama dengan pemerintah, sehingga pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik.

Ririmasse juga menegaskan, telah mengarahkan semua penjabat kades untuk bersifat netral, dan tidak berpihak pada salah satu kandidat.

“Saya tidak mau ada potensi konflik. Saya tidak mau habis Pilkades ada yang protes, karena penjabat kades ini berpihak kepada Si A dan Si B. Saya sudah arahkan untuk kerja profesional. Kerja sesuai dengan tugas dan fungsi. Jangan berlama-lama lagi supaya cepat selesai, agar penjabat kades bisa kembali aktif di jabatan yang definitif itu,” tegasnya.

Dari sisi penganggaran, Sekot mengaku, Pemkot Ambon telah siap. Bahkan semua pentahapan sudah berjalan.

Menurut dia, pilkades serentak sempat molor, akibat penyebaran Covid-19 yang sempat tinggi di bulan Februari.

“Namun dengan adanya penurunan kasus terkonfirmasi dan tingginya angka kesembuhan, maka Pilkades diagendakan akan dilaksanakan pada akhir Maret ini,” tandas dia.