Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Hiri, Ini Harapan Wali Kota Ternate

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan Pulau Hiri, Rabu (23/2/2022), di Kantor Kecamatan Pulau Hiri. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan Pulau Hiri, Rabu (23/2/2022), di Kantor Kecamatan Pulau Hiri.

Dalam sambutannya, Wali Kota Ternate mengatakan, Musrenbang dan pengawalan kebijakan itu penting, karena terbatas anggaran yang ada.

“Anggaran tahun 2022 saja itu hanya Rp 1 triliun lebih saja, dan ini sangat terbatas. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini, maka pendapatan negara juga mempengaruhi untuk didistribusikan ke daerah, karena ada kepentingan besar yang harus diutamakan dalam rangka penanganan Covid-19 yang saat ini belum reda. Kemudian ada kebijakan lain yang mungkin menjadi perhitungan pemerintah pusat, sehingga semua daerah mengalami defisit anggaran yang begitu besar,” ucap Wali Kota Ternate.

Oleh karena itu, kata Wali Kota, maka pengawalan dan perjuangan menjadi hal yang sangat penting, dalam rangka bagaimana agar semua aspirasi dan keinginan masyarakat dapat diperjuangkan untuk menjadi kegiatan pemerintahan di tahun mendatang.

Menurutnya, hal paling utama yang harus disoroti di Pulau Hiri adalah, masalah air bersih untuk kepentingan umum. Bahkan, untuk Kelurahan Togolobe yang paling dekat dengan Ternate masih kesulitan air bersih.

“Pembangunan Batang Dua, Hiri, dan Moti menjadi skala prioritas kita, karena masih terjadi kesenjangan antara kecamatan lain, sehingga menjadi kebijakan kami untuk percepatan, agar bisa setara dengan kecamatan utama yang ada di Pulau Ternate menyangkut dengan air bersih,” tandas Wali Kota.